Padang Jadi Tuan Rumah Pasific Partnership 2016

Jumat, 08 Januari 2016, 13:07 WIB | News | Kota Padang
Padang Jadi Tuan Rumah Pasific Partnership 2016
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah memimpin rapat persiapan Pasific Partnership.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews—Sukses menjadi tuan rumah India Ocean Rim Association (IORA) yaitu wadah yang menaungi negara-negara di lingkar Samudera Hindia, kini Kota Padang bakal didampuk menjadi tuan rumah Pasific Partnership. Kota Padang mewakili Indonesia melangsungkan agenda yang akan dimulai 17-29 Januari mendatang.

Untuk mempersiapkan kegiatan internasional tersebut, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama sejumlah Muspika Kota Padang menggelar rapat pertemuan. Rapat tersebut dihadiri Kolonel Laut Drg Nora Lelyana dari Puskes TNI, Danrem 032 Wirabraja, Danlantamal II dan Danlanud Tabing Padang bersama Walikota Padang, Mahyeldi dan Wakil Walikota Padang, Emzalmi beserta jajaran di Ruang Abu Bakar Jaar Balaikota Padang, Kamis (7/1/16).

Kolonel Nora Leliana mengatakan, tujuan kegiatan Pacific Partnership ini yaitu, meningkatkan kemampuan negara tuan rumah dalam menghadapi bencana di negara sendiri dengan bantuan minimal dari negara lain. Dalam agendanya, melakukan latihan gabungan dengan negara-negara partner dan melaksanakan latihan bersama dan meningkatkan interoperability internasional terhadap tanggap darurat bencana yang bersifat Internasional.

"Kita harapkan, semoga semua instansi terkait, seluruh pihak termasuk masyarakat, mendukung kegiatan Pacific Partnership nanti," ujar Nora.

Kegiatan Latihan bersama ini diprakarsai oleh Amerika Serikat melalui US Pacific Command (Uspacom) yang diselenggarakan setiap tahun. Untuk pesertanya, terdiri dari pasukan Armada Pasifik Angkatan Laut Amerika Serikat US PACFLEET, TNI dan militer negara Asia Pacific bersama dengan organisasi kemanusiaan dan non-pemerintah.

"Kegiatannya yaitu, berkaitan dengan bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam. Sasaran yang diharapkan antara lain, meningkatkan interoperabilitas kesehatan militer, pengobatan dan pembangunan fasilitas kesehatan, memperkuat dan mempererat hubungan antara negara peserta serta sebagai forum pertukaran pengetahuan dan pengalaman bidang kesehatan militer terutama dalam merespon ancaman non-tradisional di masa depan," jelasnya.

Mahyeldi menyampaikan mengucapkan terima kasih telah memilih Padang sebagai tempat kegiatan PDSS 2016. "Untuk itu, kepada SKPD terkait, agar mampu bersinergi dalam menyukseskan berbagai agenda kegiatan PDSS ini. Semoga hal positif akan didapatkan Kota Padang nantinya,"imbuhnya. (relis)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: