5 Ide Freelance Pemula! Dapatkan Rp100 Juta Pertamamu

Kamis, 22 Februari 2024, 15:25 WIB | Gaya Hidup | Nasional
5 Ide Freelance Pemula! Dapatkan Rp100 Juta Pertamamu
Ilustrasi kumpulan ide freelance untuk pemula. (Foto: Canva/Pinterest)

Bagi sebagian orang, gagasan menjadi seorang pebisnis mungkin terasa menakutkan, terutama jika kamu tidak memiliki modal besar atau pengetahuan manajemen yang luas.

Namun, dari pengalamannya, Ogut percaya bahwa kunci sukses dalam bisnis bukanlah mempelajari terlalu banyak tentang manajemen, tetapi lebih pada kemampuan menjual.

Sebagai contoh, ketika ia masih remaja, Ogut memiliki keinginan untuk membeli pakaian dari sebuah merek ternama, namun tidak mendapatkan dukungan finansial dari orang tua.

Dari situ ia memutuskan untuk mencari uang sendiri dengan menjual coklat. Dengan modal sekitar Rp120.000, ia membeli coklat batangan dan mencairkan serta membentuknya menjadi bentuk-bentuk lucu seperti gambar Patrick SpongeBob dan bunga.

Dengan harga jual Rp3.000 per potong, Ogut berhasil mendapatkan keuntungan hingga Rp300.000 hanya dalam beberapa hari.

Selain menjual produk, kamu juga bisa menjual jasa kecil-kecilan. Misalnya, Ogut pernah membuka jasa pencucian sepatu setelah acara outbound di sebuah sekolah.

Dengan modal karung dan sabun ekonomis, Ogut menawarkan jasa mencuci sepatu seharga Rp20.000 per pasang. Dalam waktu singkat, ia berhasil mendapatkan penghasilan hingga Rp1,2 juta per minggu hanya dengan membuka jasa ini.

5. Konten Kreator

Tahukah kamu, menjadi konten kreator adalah salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan di tahun 2024 sekarang.

Cara memulainya gampang, bukan berarti kamu langsung menjadi viral, tapi kamu hanya membutuhkan satu alat yaitu handphone.

Handphone saat ini sudah dilengkapi dengan kamera yang bagus, bahkan ada yang setara dengan kamera profesional di tahun-tahun sebelumnya.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: