Tiga Pasar di Agam Tuntas Direhab Tahun 2015

Kamis, 07 Januari 2016, 14:41 WIB | Wisata | Kab. Agam
Tiga Pasar di Agam Tuntas Direhab Tahun 2015
Pasar Baso di Kabupaten Agam. (istimewa)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Agam, Agus Efendi mengatakan, tiga pasar serikat tuntas direnovasi selama 2015. Tiga pasar yang direnovasi itu yakni Pasar Serikat Padangbaru Lubukbasung, Pasar Serikat Malalak Barat dan Pasar Serikat Baso.

"Kita tetap komit dalam membangun pasar yang ideal, karena semakin bagus pembangunan pasar maka akan semakin bagus juga transaksi dalam perdagangan," kata Agus Efendi, Rabu (6/1/2015).

Dikatakan, dana untuk renovasi pasar itu bersumber dari dana hibah untuk pengelola pasar sebesar Rp2,1 miliar. Untuk lebih mengoptimalkan lagi, jelas Agus Efendi, tahun ini akan fokus terhadap tata ruang kelola pasar seperti, mengatur tempat barang dagangan karena berfungsi untuk mengindahkan pasar.

Adanya tata ruang pasar yang baik, terang Agus, juga akan mempermudah proses transaksi antara pedagang dan pembeli sehingga para konsumen tidak susah mencari jenis dagangan yang akan dicari.

Baca juga: Bupati Agam Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 54 Pengurus Bamus Nagari

"Saat ini di dalam satu kios, kita temui beberapa barang dagangan yang dijual. Sehingga para konsumen bingung dalam mencari barang yang mau dibeli," terangnya.

Salah satu cara yang dilakukan adalah, mencanangkan pasar ikan, ayam dan daging yang bersih dan higienis. Menurutnya, tidak hanya sebatas pencanangan secara seremoni, pihaknya juga akan membina, memfasilitasi tempat dan atribut yang akan dipakai para pedagang nanti, seperti membuat pakaian untuk membedakan para pedagang dalam berjualan nanti.

"Untuk itu, kedepan kita sangat mengharapkan kerjasama dan tanggung jawab dari pengelola pasar untuk menciptakan pasar yang indah, bersih dan tertib," pintanya. (ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: