Emma Yohanna Gelar Tradisi Maapam Bersama Masyarakat Pasbar

Senin, 05 Februari 2024, 20:58 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Emma Yohanna Gelar Tradisi Maapam Bersama Masyarakat Pasbar
Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat, Emma Yohanna

PASAMAN BARAT (5/2/2024) - Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat, Emma Yohanna gelar hiburan KIM bersama masyarakat Pasbar. Hadiah yang disediakan pada malam silaturahmi itu, masin cuci, sepeda listrik dan lainnya.

Sebelum hiburan KIM, Emma Yohanna bersama kaum ibu Pasaman Barat, gelar kegiatan "Maapam.' Ini merupakan tradisi masyarakat Pasbar di Bulan Rajab setiap tahunnya.

"Kami berkomitmen untuk terus menularkan pengetahuan tentang cara memasak Apam sekaligus mempertahankan dan tradisi ini pada generasi muda," ungkap Emma Yohanna disela kegiatan.

Anggota DPD RI, Emma Yohana tengah mencicip apam hasil kreasi ibu-ibu Pasbar dalam agenda reses ke daerah pemilihan, Ahad. (robi irwan)
Anggota DPD RI, Emma Yohana tengah mencicip apam hasil kreasi ibu-ibu Pasbar dalam agenda reses ke daerah pemilihan, Ahad. (robi irwan)

Dikesempatan itu, Emma Yohanna bersama kaum hawa lainnya, ikut memasak apam. Ratusan tungku disediakan panitia.

Wanita lintas generasi, bergabung di setiap tungkunya. Tujuannya, agar pengetahuan dan tata cara Maapam ini bisa ditransfer secara langsung oleh yang senior pada generasi muda yang jadi anggota grupnya.

"Tradisi Maapam ini digelar di Komplek Perumahan Katimaha, Pasaman Barat. Maapam bersama ini sebagai upaya memberikan informasi pada generasi muda, tentang cara bagaimana Maapam dengan baik," ungkap Emma Yohanna, pada agenda reses ke daerah pemilihan anggota DPD RI itu.

Pantau di lokasi, setiap kelompok terdiri dari beberapa wanita lintas usia. Mereka tampak mengenaiakn pakaian kreasi baju Basiba atau kain khas wanita Minangkabau.

Dikesempatan itu, peserta tampak membuat berbagai macam kreasi apam baik dari sisi cita rasa maupun bentuk.

Selama memasak, peserta terlihat menggunakan peralatan tradisional dan daun kelapa kering sebagai perapian. Semua bahan dasar apam, juga dari bahan alami yang terdiri dari santan kelapa dan tepung beras.

Salah seorang peserta, Nur Fauziah Zein mengaku, kegiatan yang digagas bersama ini bisa menumbuhkan rasa cinta pada tradisi.

"Kita berharap, kegiatan ini bisa lebih besar lagi digelar di tahun depan," harap Nur Fauziah.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: