Kebakaran SPH, 58 Pasien Pindah Rawat Inap, 50 Memilih Pulang, Ini Kata Gubernur Sumbar

Rabu, 31 Januari 2024, 08:31 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Kebakaran SPH, 58 Pasien Pindah Rawat Inap, 50 Memilih Pulang, Ini Kata Gubernur Sumbar
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Kapolresta Padang, Kombes Pol Ferry Harahap berdialog dengan Dirut SPH, Selfi Farisha dan Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, Oktoweri serta jajaran, Selasa malam. (humas)

PADANG (31/1/2024) -- Sebanyak 58 dari 108 pasien rawat inap di Semen Padang Hospital (SPH) telah ditampung di sejumlah rumah sakit di Kota Padang.

Kemudian, 50 pasien lain sudah bisa pulang ke rumah masing-masing pascakebakaran di rumah sakit swasta milik PT Semen Padang itu.

"Tidak ada kendala dalam proses evakuasi pasien rawat inap ke sejumlah rumah sakit lain. Informasinya, proses evakuasi tuntas pukul 18.00 WIB," ungkap Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat meninjau kebakaran SPH, Selasa (30/1/2024) malam.

Dikatakan Mahyeldi, evakuasi ini didukung aparatur Kepolisian, TNI, BPBD Kota dan Provinsi serta lembaga-lembaga terkait lainnya.

Baca juga: Menko Perekonomian Nobatkan Sumbar jadi Nominator TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera

Berdasarkan hasil penyelidikan yang disampaikan Kapolresta Padang, ungkap Mahyeldi, ledakan yang sempat terdengar sebelum peristiwa kebakaran, bersumber dari instalasi air conditioner (AC) atau pendingin ruangan sentral di rumah sakit tersebut.

"Suara ledakan itu diduga berasal dari bagian roof top rumah sakit, tepatnya pada instalasi AC sentral. Ledakan itu kemudian berdampak kerusakan cukup berat di rooftop dan lantai dasar rumah sakit," ungkapnya.

"Sementara, di lantai 3 hingga lantai 6 yang merupakan tempat pelayanan bagi pasien rawat inap, kerusakan yang terjadi hanya skala ringan," tambahnya.

Mahyeldi berterima kasih atas komitmen seluruh rumah sakit di Sumbar, dalam penanganan pasien SPH. Terlebih ini masuk dalam kondisi tertentu, sehingga seluruh rumah sakit langsung saling terkoneksi dan terkoordinasi.

Baca juga: 120 Peserta Workshop Ikuti Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Usaha KTH dan KPS, Ini Harapan Ismunandi Syofyan

"Begitu pun terkait pengurusan pindah rujukan pasien BPJS, itu sudah terkoordinasikan dengan baik semuanya," ucap Mahyeldi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: