Bocah Asal Lubuk Basung Derita Thalassemia Beta Mayor, Ini Rekening untuk Ikut Berdonasi

Sabtu, 20 Januari 2024, 06:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Bocah Asal Lubuk Basung Derita Thalassemia Beta Mayor, Ini Rekening untuk Ikut Berdonasi
Ilustrasi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (19/1/2024) - Buah hati Upik Ramlah, Zikri Alhakim divonis dokter mengidap Thalassemia Beta Mayor.

Diusianya yang kini menginjak 7 tahun 3 bulan, bocah yang tercatat sebagai warga Lubuk Basung ini, diketahui sudah 6 tahun 9 bulan berjuang melawan penyakit langka ini.

Diceritakan Upik, penyakit yang menjangkiti Zikri, terdeteksi saat usianya 6 bulan. Awalnya, Zikri mengalami demam panas dan batuk.

Upik melakukan upaya pengobatan dengan membawanya ke Puskesmas dan obat alternatif ke dukun kampung. Namun, Zikri tak kunjung sembuh.

Baca juga: Bawaslu Sumbar Resmikan Nagari Salareh Aia Barat jadi Kampung Pengawasan Partisipatif

"Kondisi ini dialami Zikri hampir 3 bulan lamanya, demamnya tak turun-turun. Kalau malam rewel, tidak bisa tidur kecuali digendong dan tidak mau makan," kenang Upik, dikutip dari agam media center, Jumat.

Di usia 9 bulan, Upik memutuskan melanjutkan pengobatan Zikri ke RSUD Lubuk Basung. Oleh dokter, Zikri mendapatkan diagnosa awal menderita anemia dan infeksi paru. Zikri dirawat selama satu minggu di RSUD.

"Saat dirawat pertama ini, kami belum memiliki BPJS, karena saya masih tercatat sebagai warga Serang dan belum mengurus surat pindah ke kampung. Jadi, biayanya lumayan saat itu karena mendaftar sebagai pasien umum," ungkap Upik, ibu dari tiga orang anak itu.

Perawatan di RSUD Lubuk Basung tak membuahkan hasil, kondisi Zikri makin memburuk. Wajahnya pucat, demam tak kunjung turun. Makanan yang mau dikonsumsi hanya ASI.

Baca juga: Pemkab Agam Fasilitasi Tiga Warganya yang Dievakuasi dari Lebanon ke Nagari Koto Tinggi

Pada Desember 2016, Zikri kembali dilarikan ke Puskesmas. Setelah diperiksa di laboratorium diketahui kadar HB Zikri di angka 4 gr/dL.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024