Kerusakan Jalan Masuk TPA Regional Payakumbuh Ancam Industri Pariwisata Sumbar

Selasa, 09 Januari 2024, 00:17 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kerusakan Jalan Masuk TPA Regional Payakumbuh Ancam Industri Pariwisata Sumbar
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi diwawancarai wartawan di Istana Gubernur Sumbar, Senin. (humas)

PADANG (8/1/2024) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi berharap, bupati/wali kota melalui dinas terkait, berinisiatif dalam hal penanganan sampah di daerahnya masing-masing.

"Pemprov Sumbar, berkomitmen untuk memfasilitasi setiap komitmen-komitmen yang disepakati dalam penanganan sampah oleh daerah yang berkerjasama," ungkap Mahyeldi di Istana Gubernur Sumbar, Senin.

Hal itu ditegaskan Mahyeldi sekaitan tidak berfungsinya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Regional Sumatera Barat di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

Tak berfungsinya TPA regional ini, disebabkan faktor longsornya akses jalan utama menuju TPA yang melayani pembuangan sampah dari Kota Payakumbuh, Bukittinggi serta Kabupaten Agam dan Limapuluh Kota.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

"Sejauh ini, berbagai langkah terus kita lakukan. Seperti pemberdayaan pedagang pasar untuk pemilahan sampah pasar," ungkap Mahyeldi.

"Namun, tentu ini perlu gerakan yang lebih besar sehingga dampak yang lebih besar juga bisa kita rasakan," ucap dia.

Mengatasi masalah ini, ungkap Mahyeldi, Pemprov segera menggelar rapat intensif dengan kabupaten/kota, untuk mencari solusi penanganan sampah pascarusaknya akses masuk ke TPA reigonal itu.

Manyeldi juga meminta kabupaten/kota, aktif menyampaikan inisiatif untuk penanganan sampah ke depan.

Baca juga: Walau Mobil Dinas Nyaris Terseret Longsor di Sitinjau Lauik, Mahyeldi Tetap Turuni Jurang Ikut Evakuasi Korban

"Sementara waktu, sampah dari Payakumbuh dan Bukittinggi dikirim ke TPA Aia Dingin di Padang. Hal ini tentu harus dicari solusinya, karena tidak mungkin untuk terus menerus," tegas Mahyeldi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: