Pemuda Lengayang Percayakan Donasi untuk Palestina ke Gubernur Sumbar, Digalang Sebulan, Terkumpul Rp61 Juta

Sabtu, 30 Desember 2023, 10:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Pemuda Lengayang Percayakan Donasi untuk Palestina ke Gubernur Sumbar, Digalang Sebulan,...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menerima donasi untuk warga Palestina sebesar Rp61 juta yang dihimpun Pemuda Lengayang, Pesisir Selatan selama sebulan, di istana gubernur, Jumat. (humas)

PADANG (30/12/2023) -- Pemuda Lengayang di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), galang donasi untuk warga Palestina hingga terkumpul Rp61 juta.

"Gerakan Pemuda Lengayang ini adalah sikap yang 'mahal' dan patut dicontoh seluruh komponen masyarakat Sumbar," ungkap Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi di Padang, Jumat.

Dikesempatan itu, Pemuda Lengayang mengamanahi gubernur Sumbar untuk menyalurkan donasi itu melalui lembaga-lembaga penghimpun donasi Palestina yang ada di Indonesia.

"Alhamdulillah, ini adalah gerakan yang sangat luar biasa. Ini baru pertama kali kita menerima titipan donasi dari kelompok pemuda. Ini satu-satunya sejauh ini dan tentu sangat patut dicontoh," terang Mahyeldi.

Baca juga: Krisis Air Bersih, Pangan dan Energi Mengancam Dunia, Ini Penilaian Kabais untuk Sumbar

Dia menilai, Pemuda Lengayang memahami betul arti pentingnya solidaritas dan kepedulian kepada saudara seiman di Palestina serta memahami pula sejarah bangsa dan negara Indonesia.

Karena, Palestina termasuk negara yang mula-mula memberikan pengakuan atas kemerdekaan Indonesia.

"Semangat Pemuda Lengayang ini patut ditiru seluruh unsur masyarakat. Baik itu pemuda, tokoh-tokoh, pengusaha-pengusaha dan komponen masyarakat Sumbar lainnya," ucap Mahyeldi didampingi Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar, Al Amin.

Sementara, perwakilan Kelompok Pemuda Lengayang, Muhammad Rizki menyebutkan, donasi yang digalang untuk Palestina ini dipercayakan pada Pemprov Sumbar melalui gubernur, untuk disalurkan ke lembaga penghimpun donasi bagi warga Palestina.

Baca juga: Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar Silaturahmi dengan Gubernur dan Wagub, Ini Harapan Mahyeldi

"Kami menggalang donasi ini dari warga se-Kecamatan Lengayang, termasuk ke rumah-rumah, masjid dan mushala hingga ke tempat usaha," ungkap Rizki.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: