Tutup Masa Sidang I, Mahyeldi Ajak DPRD Sumbar Bangun Pemerintahan Berwawasan Pendapatan, Ini Alasannya

Rabu, 27 Desember 2023, 15:16 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tutup Masa Sidang I, Mahyeldi Ajak DPRD Sumbar Bangun Pemerintahan Berwawasan Pendapatan,...
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar didampingi Suirpen Suib (wakil Ketua), Raflis (Sekwan), Zardi Syahrir (Kasubag DPRD) foto bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi usai paripurna tutup masa sidang I, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Tidak hanya itu, investasi, kerja sama, program pusat untuk daerah bahkan pelibatan swasta dalam dan luar negeri, perlu jadi strategi kita dalam menopang percepatan pembangunan daerah kedepannya.

"Sudah saatnya kita berfikir kreatif, mendayagunakan aset daerah, berorientasi kepada pelayanan dan menerima retribusi, join operasional dan banyak strategi lainnya perlu untuk kita rumuskan bersama nantinya.

"Saya kira, pemikiran ini perlu dijadikan bahan diskusi kedepannya, jadi salah satu alternatif dalam meningkatkan potensi PAD kita.

Sementara, Irsyad Safar dalam sambutannya mengungkapkan kinerja DPRD sesuai tugas dan fungsinya. Dimana, sepanjang masa sidang pertama tahun 2023-2024, DPRD Sumatera Barat tetapkan dua agenda penting di bidang anggaran, sesuai tenggat waktu yang diberikan peraturan perundangan.

"Dua agenda yang ditetapkan sesuai jadwal itu yakni penetapan Perubahan KUA-PPAS Tahun 2023 dan Ranperda tentang APBD Sumbar Tahun 2024," ungkap Irsyad

Dikatakan, dalam pelaksanaan fungsi pembentukan Perda, DPRD bersama pemerintah daerah telah melakukan pembahasan empat Ranperda.

"Dua sudah dapat ditetapkan dan sisanya masih dalam proses pembahasan. Karenanya, diluncurkan untuk dibahas pada masa persidangan kedua tahun 2024 ini," ungkap Irsyad Safar.

Dalam hal pelaksanaan fungsi pengawasan, DPRD melalui komisi-komisi dan Bapemperda, telah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan Peraturan Gubernur (Pergub) yang jadi peraturan pelaksana dari Perda.

Juga dilakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan OPD, yang telah dialokasikan dalam APBD Sumatera Barat.

"Pengawasan ini dilaksanakan baik dalam bentuk rapat maupun kunjungan kerja lapangan," ungkap Irsyad.

Di samping itu, DPRD juga telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk melihat permasalahan yang terjadi dengan pelaksanaan kerjasama pemanfaatan asset antara Pemerintah Daerah dengan PT Grahamas Citra Wisata.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: