Presiden Diminta Tidak Keukeuh dengan Proyek IKN, Amin: Survei BI, Masyarakat Sudah Kuras Tabungan

Sabtu, 16 Desember 2023, 19:30 WIB | News | Nasional
Presiden Diminta Tidak Keukeuh dengan Proyek IKN, Amin: Survei BI, Masyarakat Sudah Kuras...
Komisi VI DPR RI, Amin Ak.

JAKARTA (16/12/2023) - Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak mengingatkan Presiden Jokowi untuk tidak keukeuh dan jor-joran membangun di proyek IKN (Ibu Kota Nusantara).

"Urusan perut rakyat jauh lebih penting ketimbang proyek-proyek mercusuar. Pemerintah tidak perlu memaksakan penggunaan APBN dengan mengobral insentif untuk pembangunan IKN termasuk insentif pajak," tegas Amin dalam pernyataan tertulisnya yang dikutip, Sabtu.

Menurut dia, pemenuhan kebutuhan pangan dengan harga terjangkau serta memprioritaskan rakyat dalam pemulihan ekonomi, jauh lebih mendesak ketimbang IKN.

"Pemerintah merilis tingkat pertumbuhan ekonomi sangat baik, namun hal itu tidak tidak dirasakan rakyat," terangnya.

Baca juga: 4,5 Persen Warga Payakumbuh Kategori Kemiskinan Ekstrim, Supardi: Stunting Juga Mengancam

"Kenaikan harga kebutuhan pokok, sulitnya pupuk bagi petani, dan naiknya biaya kebutuhan lainnya terus membebani rakyat," tegas Amin.

Ia menambahkan, Pemerintah memang menggelontorkan dana untuk program bantuan sosial, namun itu hanya menyasar pada 20 persen kelompok masyarakat terbawah.

Sementara, berbagai insentif yang dikeluarkan, termasuk subsidi kendaraan listrik dinilai terlalu terfokus untuk 10 persen kelompok masyarakat teratas.

Bank Indonesia (BI) merilis data Survei Konsumen per Oktober 2023 yang menunjukkan banyak warga Indonesia harus menggunakan tabungannya guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Capaian Penanganan Stunting dan Kemiskinan Agam Tahun 2023 Lampaui Target

Sementara itu, kalangan kelas menengah bawah yang rentan jatuh menjadi kelompok miskin, harus bergulat melawan kenaikan berbagai kebutuhan pokok.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: