ANTISIPASI ANEMIA: Pemkab Pessel Bagikan Tablet Penambah Darah ke Masyarakat

Minggu, 10 Desember 2023, 08:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
ANTISIPASI ANEMIA: Pemkab Pessel Bagikan Tablet Penambah Darah ke Masyarakat
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Foto: tusrisep

PESISIR SELATAN(10/12/2023) - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, menggencarkan kegiatan membagikan tablet penambah darah ke masyarakat di daerahnya. Kegiatan ini, upaya menekan angka penyakit Anemia.

"Anemia, merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Penyakit ini dapat dialami oleh semua kelompok umur. Mulai dari balita, remaja, ibu hamil, hingga orang tua berusia lanjut," ucap Kepala Dinas Kesehatan Pessel, dr Syahrizal Antoni, dalam relis diterima Minggu (10/12/2023).

Masih tingginya kasus anemia, tambahnya, erat kaitan dengan ketidakpatuhan masyarakat. Terutama dalam mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri, dan ibu hamil.

"Melihat masih rendahnya kepatuhan konsumsi TTD, maka UNICEF menginisiasi sebuah kegiatan dinamai Aksi Bergizi," ujarnya.

Baca juga: Mahyeldi Gelar Jamuan Makan Malam untuk Gubernur Riau Jelang Penobatan Gelar Adat oleh Suku Chaniago Pesisir Selatan

Aksi Bergizi, dilaksanakan dengan tiga intervensi utama. Yakni: Sarapan, dan Minum TTD bersama. Minimalnya, setiap satu Minggu sekali.

Edukasi gizi bersifat multi sektor. Dengan tujuan, mempromosikan asupan makan sehat, aktivitas fisik, komunikasi untuk perubahan perilaku, yang relevan dan komprehensif.

"Kegiatan ini, melibatkan lintas sektor. Mulai dari tingkat pusat, hingga daerah. Terutama ke sekolah dan lainnya," ujar dr Syahrizal Antoni. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: