REVITALISASI PASAR, Rudi Hariyansyah: Alhamdulillah, Pasar Lunang Usulan Kami ke Menteri Perdagangan Akhirnya Selesai

Minggu, 19 November 2023, 11:06 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
REVITALISASI PASAR, Rudi Hariyansyah: Alhamdulillah, Pasar Lunang Usulan Kami ke Menteri...
Rudi Hariyansyah, Ketua DPD PAN Pessel, Wakil Bupati Pessel (saat itu), menyerahkan proposal revitalisasi Pasar Lunang kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Sabtu 21 Januari 2023 (foto atas). Foto: Dok Rudi Hariyansyah dan Dinas Kominfo Pessel

Penyerahan proposal usulan pembangunan/revitalisasi Pasar Lunang kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada Sabtu 21 Januari 2023.

"Dan, Alhamdulillah. Kami bisa bertemu langsung dengan Pak Zulkifli Hasan, dan proposal pun langsung diserahkan ke tangan beliau," ujar Rudi.

Tak lama usai penyerahan itu, lanjutnya, kabar baik pun diperoleh. Proposal disetujui. Kemendag membantu dengan Dana Tugas Pembantuan (TP) dari APBN Kemendag Tahun 2023.

Baca juga: 30 Personel Lantamal II Padang Goro Bersama Warga Nagari Panampuang Singkirkan Material Lahar Dingin

Dana Tugas Pembantuan (TP) adalah dana yang berasal dari APBN, yang dilaksanakan oleh daerah dan desa, yang mencakup semua penerimaan dan pengeluaran, dalam rangka pelaksanaan kegiatan tugas pembantuan.

Ada 4 (empat) Kabupaten di Sumatera Barat yang mendapat bantuan dana TP APBN Kemendag pada tahun 2023. Yakni; Pesisir Selatan, Solok, Agam, dan Pasaman Barat.

"Alhamdulillah. Doa kami bersama masyarakat Lunang akhirnya terkabul. Revitalisasi pembangunan Pasar Lunang terlaksana di tahun ini. Selesai, dan juga sudah diresmikan operasionalnya oleh Pemkab Pessel pada Sabtu kemarin. Semoga masyarakat bisa mempergunakan dengan baik," ujar Rudi.

Dilansir dari berita sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pessel, Mimi Riarty Zainul, menyebut revitalisasi/pembangunan Pasar Lunang bersumber dari Anggaran Kementerian Perdagangan, dengan DIPA Nomor SP DIPA 090.02.4.401750/2023 .

"Besaran anggaran digunakan untuk pembangunan (revitalisasi), berdasarkan Kontrak Nomor 510.2/01/SP-APBN -TP/DP/TRANS-PS/VII/2023, adalah sebesar Rp 2.680.000.000," ujar Mimi.

Kegiatan ini, lanjutnya, dilaksanakan CV Abel Pratama, dan diawasi Pelaksanaannya oleh PT Aqsa Mandiri Consultan.

Pekerjaan ini, dimulai pada tanggal 6 Juli 2023, dan berakhir pelaksanaannya pada tanggal 3 November 2023.

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: