Angkat Eceng Gondok dari Danau, Goro Save Maninjau ke-4 Antuasias Diikuti Warga

Kamis, 09 November 2023, 08:18 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Angkat Eceng Gondok dari Danau, Goro Save Maninjau ke-4 Antuasias Diikuti Warga
Pemkab Agam bersama masyarakat, angkat eceng gondok di Danau Maninjau, Rabu. Goro ini dipusatkaan di Jorong Pauah Taruko, Nagari Koto Malintang, KecamatanTanjung Raya. (humas)

AGAM (7/11/2023) - Pemkab Agam gelar Goro Save Maninjau yang ke-4 di tahun 2023. Goro ini dipusatkan di Jorong Pauah Taruko, Nagari Koto Malintang, KecamatanTanjung Raya.

Goro yang dilakukan, pengangkatan Gulma atau eceng gondok dan rumput yang tumbuh secara liar di sekitar danau serta dalam rangka pemulihannya.

Goro yang digelar Rabu pagi ini, diinisiasi Dinas Lingkungan hidup bersama OPD terkait, yang didukung oleh pihak Kecamatan Tanjung Raya, Satgas, Nagari Koto Malintang dan masyarakat setempat.

"Dengan adanya kegiatan ini, selain danau pulih, masyarakat dapat berinisiatif membersihkan Danau Maninjau," tegas Kepala Bidang Pemulihan dan Konservasi Sumber Daya Alam DLH Agam, Zul Efendi.

Baca juga: LSF Sosialisasikan Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri di Agam

Ia juga menambahkan eceng gondok ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk diolah menjadi pupuk dan sebagai kerajinan.

Mulanya kegiatan ini telah dilakukan sejak 2017 lalu dan setiap tahun dilakukan sebanyak 4 hingga 5 kali goro.

Adapun, beberapa OPD yang terlibat seperti, PolPP Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, dan Dinas Pertanian.

"Kami berharap mana yang bisa kita bantu kita bantu, yang bisa kerjakan, kita kerjakan. Mudah-mudahan kerjasama kita seperti goro yang lalu, pekerjaan ini cepat diselesaikan dan dapat diteruskan oleh masyarakat kedepannya untuk lestarikan danau Maninjau ," pungkasnya. (*)

Baca juga: O2SN Kecamatan Tanjung Mutiara Lombakan 5 Cabang Olah Raga

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: