Perselisihan Hubungan Industrial jadi Faktor Pemicu Penurunan Produktivitas

Selasa, 07 November 2023, 08:45 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Perselisihan Hubungan Industrial jadi Faktor Pemicu Penurunan Produktivitas
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan arahan pada kegiatan telewicara Strategi Pencegahan Perselisihan Menuju Hubungan Industrial yang Harmonis yang digelar Apindo Sumbar, di Padang, Senin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Peran yang perlu kita ambil, adalah mendukung target itu dengan mewujudkan dunia industri yang harmonis, minim perselisihan, didukung semangat kekeluargaan, gotong-royong dan musyawarah mufakat," ujarnya.

Musyawarah Lebih Baik

Pembicara dalam telewicara ini, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja RI, Indah Anggoro Putri. Dia mengingatkan, perusahaan harus mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Adapun pekerja, diharapkan tidak mengajukan tuntutan yang terlalu tinggi dan senantiasa menimbang aspek kemampuan dan kapasitas perusahaan yang menaunginya.

"Mari kita cegah PHK, cegah perselisihan, karena mencegah perselisihan lebih baik dari pada menyelesaikan perselisihan itu sendiri," terang dia.

"Namun, ketika ada perselisihan yang harus diselesaikan, tidak ada cara yang lebih baik ketika diselesaikan dengan bermusyawarah secara internal," ulasnya.

Pembicara lainya dalam kegiatan tersebut, Ketua Apindo Sumbar, AE Rina Pangeran; Kadis Nakertrans Sumbar, Nizal Ul Muluk; Hakim Ad-Hoc PHI PN Padang, Abdul Rahmat Lubis.

Kemudian, Direktur Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Kemnaker, Eko Pramono, Agatha Widianawati (Direktur Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker), Retna Pratiwi (Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan).

Selanjutnya, M Aditya Warman serta Direktur Kelembagaan dan Pencegahann Perselisihan Hubungan Industri Kemnaker, Heru Widianto. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024