Sekretaris DPRD Sumbar Bahas Layanan Berbasis Digital bersama Tim Ahli

Sabtu, 04 November 2023, 19:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sekretaris DPRD Sumbar Bahas Layanan Berbasis Digital bersama Tim Ahli
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis bersama Zardi Syahrir (Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Sumbar) saat rapat rutin bulanan bersama tim ahli DPRD Sumbar, di ruang khusus I, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Sementara, Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Sumbar, Zardi Syahrir menambahkan, tingkat produktifitas pembentukan perda DPRD belumlah berjalan secara maksimal.

Kadangkala, karena masih belum sama pandang sesama anggota tim pembahas terutama dalam materi dan isu yang diakomudir dalam Ranperda inisiatif yang sedang proses, masih terasa kurang.

"Dinamika yang berkembang, menambah kegiatan lagi study banding yang ideal cukup 2 kali saja sehingga Ranperda yang seharusnya bisa siap dalam satu tahun anggaran, mesti diluncurkan kembali pada tahun berikutnya," ungkapnya.

Dikatakan Zardi, agar mudah mencerna materi dan isu setiap Ranperda dari awal, tentunya kajian masalah-masalah dan pandangan terhadap Ranperda inisiatif dewan yang akan diproses, mestinya jadi perhatian tim tenaga ahli dalam memberikan saran dan pendapatnya.

"Sehingga, bahan itu nantinya akan jadi dorongan setiap anggota DPRD sebagai tim pembahas bersama, OPD terkait, lebih cerdas, cepat dan efektif."

"Karena, pada dasarnya kehadirian Perda itu, sebagai solusi dan mampu mendorong percepatan kegiatan pembangunan daerah sesuai aturan yang berlaku," ungkap dia.

Selain itu, terang Zardi, karena usulan setiap Ranperda itu baik dari pemda maupun inisiatif dewan, sudah ditetapkan pada tahun sebelum.

"Kendalanya, produktifitas penyelenggaraan penyiapan naskah akademik sering tidak sama dalam penyelesaiannya," nilai dia.

"Sehingga, tidak semua usulan itu dapat dibahas dalam tahun berjalan. Jika saja produktifitas tenaga ahli menjawab kendala itu, maka dapat lebih dulu memberikan masukan dan pandangannya sesuai kajian yuridis, kajian sosial yang sedang terjadi dimasyarakat dan lain-lain sebagainya," terang dia.

"Tentu, akan memudahkan Tim Pembahas Ranperda di komisi bersangkutan, mendorong percepatan penyediaan naskah akademik terhadap usulan Ranperda dimaksud. Karena, produktifitas lahirnya perda jadi salah satu penilaian kinerja dewan dalam periodenya," terang dia. (*)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: