5 Hari Setelah Ngobrol dengan Presiden, Gubernur Sumbar Sebut Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik Disetujui Menteri PUPR

Rabu, 01 November 2023, 16:58 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
5 Hari Setelah Ngobrol dengan Presiden, Gubernur Sumbar Sebut Pembangunan Fly Over...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi mendampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau ruas jalan Padang-Solok tepatnya di kawasan Sitinjau Lauik yang akan dibangun sebuah Fly Over, akhir pekan kemarin. (humas)

PADANG (1/11/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengungkapkan, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono telah menyetujui Prakarsa Pengusahaan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Fly Over (Jalan Layang) Sitinjau Lauik.

Persetujuan itu seiring diterbitkannya Surat No BM 0201-Mn/2407 tertanggal 30 Oktober 2023 dengan perihal Persetujuan Prakarsa Pengusahaan KPBU Flyover Sitinjau Lauik.

"Berkat doa dan usaha bersama, alhamdulillah, selang lima hari setelah kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Sumbar, yang memang kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk menyampaikan terkait fly over ini, terbit persetujuan KPBU," ucap Mahyeldi di Padang, Rabu.

Dengan terbitkan persetujuan investasi dengan skema KPBU Jalan Layang Sitinjau Lauik ini, terang Mahyeldi, Pemprov akan segera menyelesaikan Revisi RTRW Sumbar serta mendorong percepatan izin kawasan hutan dari Kementerian LHK.

Baca juga: Menko Perekonomian Nobatkan Sumbar jadi Nominator TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera

Dikatakan Mahyeldi, kelengkapan dokumen dan studi kelayakan pengusahaan KPBU Fly Over Sitinjau Lauik, dikirim Dirut PT Hutama Karya (HK) selaku pimpinan Konsorsium PT HK Infrastruktur (HKI) pada 31 Maret 2023.

Ini dilakukan setelah melakukan tahapan value engineering bersama Kementerian PUPR, KNKT, Bappeda, Dinas BMCKTR, Dinas LH, Dinas Kehutanan, Dinas Perhubungan serta lembaga terkait lainnya.

Dalam surat persetujuan Menteri PUPR itu, terdapat beberapa poin yang perlu ditindaklanjuti agar permintaan Presiden RI untuk memancang tiang pertama (groundbreaking) Fly Over Sitinjau Lauik pada 19 Desember 2023 dapat terealisasi.

Poin pertama, menyegerakan penyelesaian revisi RTRW yang saat ini sedang berporses, baik di Kementerian PUPR maupun pembahasan di DPRD.

Baca juga: 120 Peserta Workshop Ikuti Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Usaha KTH dan KPS, Ini Harapan Ismunandi Syofyan

Di mana dalam revisi tersebut itu nantinya, sudah dicantumkan rencana pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik Provinsi Sumbar dan Kabupaten/Kota.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: rilis adpsb

Bagikan: