Kapolda Riau Perintahkan Dirkrimsus Turun Langsung Selidiki Karhutla di Inhu dan Inhil

Selasa, 10 Oktober 2023, 07:45 WIB | News | Provinsi Riau
Kapolda Riau Perintahkan Dirkrimsus Turun Langsung Selidiki Karhutla di Inhu dan Inhil
Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal.

PEKANBARU (9/10/2023) - Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal tunjuk Direktur Reserse Kriminal Khusus, Kombes Teguh Widodo menyelidiki kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil).

"Saya juga perintahkan, Dirkrimsus turun ke dua lokasi tersebut untuk Lidik (penyelidikan-red) penyebab Karhutla di sana," kata Irjen Iqbal, di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan, tim ini diturunkan untuk memastikan Karhutla yang terjadi, apakah disebabkan faktor alam atau disengaja.

Jenderal bintang dua ini juga menyampaikan, proses pemadaman api di dua wilayah tersebut dilakukan tim gabungan dipimpin AKBP Dody Wirawijaya.

Hari ini, sebut Irjen Iqbal, pendinginan lokasi yang terbakar juga dibantu guyuran hujan deras.

Alumni Akpol 1991 ini menjelaskan, upaya pendinginan akan terus dilakukan karena vegetasi di lahan tersebut adalah gambut.

"Alhamdulillah berkah hujan hari ini, Insya Allah mempercepat pendinginan," kata Irjen Iqbal.

Sementara, Kasubdit Penmas Polda Riau, Kompol Bob Martin menyampaikan, rekap hotspot per tanggal 2 sampai 8 Oktober 2023, jumlah luas lahan yang terbakar 192,48 hektar.

Sementara itu, untuk penegakkan hukum sejak tanggal 25 September hingga tanggal Oktober diproses satu kasus dengan seorang tersangka.

"Upaya pencegahan masih berlanjut dengan penyuluhan, sebar maklumat, pasang spanduk, FGD, patroli Karhutla melalui darat, laut, udara serta melakukan apel siaga dan pemadaman serta pendingin," jelas Kompol Bob Martin.

Sementara itu, Gakkum Karhutla Provinsi Riau,sejak Januari hingga tanggal 1 Oktober 2023 menangani 36 kasus.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: