Disdik Pasbar Gelar Monev Program Tahfiz, Ini Usulan Perbaikannya

Sabtu, 07 Oktober 2023, 08:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Disdik Pasbar Gelar Monev Program Tahfiz, Ini Usulan Perbaikannya
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pasbar, Agusli foto bersama usai rapat monitoring dan evaluasi (Monev) Program Tahfiz Quran di tingkat SD dan SMP di Pasaman Barat, di SD Negeri 09 Gunung Tuleh, Kamis (5/10/2023). (robi irwan)

PASAMAN BARAT (7/10/2023) - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pasbar, Agusli menilai, Program Tahfiz Quran akan berjalan baik sesuai target, jika didukung para orang tua siswa.

"Orang tua hendaknya mengajak dan membimbing anaknya, agar mengaji dan menghafal al Quran di rumah, setiap selesai shalat Magrib. Ini sesuai dengan tuntutan Program Magrib Mengaji Pemkab Pasaman Barat," ungkap Agusli saat monitoring dan evaluasi (Monev) Program Tahfiz Quran di tingkat SD dan SMP di Pasaman Barat, Jumat.

Dalam Monev tersebut terdapat beberapa masukan dari peserta rapat. Di antaranya, waktu pelaksanaan tahfiz di sekolah, diubah dari siang jadi pagi, diawal jam pelajaran. Kemudian, dilakukannya kegiatan peningkatan kapasitas guru tahfiz secara bertahap.

Lalu, pemberian reward pada siswa berprestasi di bidang tahfiz, dilaksanakannya lomba tahfiz di tingkat sekolah, kecamatan hingga tingkat kabupaten serta pengalokasian waktu pelaksanaan pengulangan hafalan siswa atau muraja'ah.

Baca juga: Asrial Ambil Formulir Bakal Calon Wakil Bupati ke PAN, PPP dan PKB

Menanggapi tanggapan dan masukan tersebut, Agusli menyampaikan, semua usulan, masukan dan saran tentang program tahfiz agar berjalan lebih baik kedepannya, akan direkap dan dilaporkan pada Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat melalui Sekretaris Daerah.

Monev program tahfiz ini meliputi pelaksanaan dan kurikulumnya. Monev ini digelar di SD Negeri 09 Gunung Tuleh, Kamis (5/10/2023). Tujuannya, meningkatkan efektifitas pelaksanaan Program Tahfiz pada siswa SD dan SMP se-Pasbar.

Diketahui, kegiatan Tahfiz Quran bagi siswa SD dan SMP di Kabupaten Pasaman Barat, telah berjalan lebih satu tahun. Program Tahfiz di sekolah tersebut merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

Setiap hari Rabu dan Sabtu, selama 60 menit sebelum jam pelajaran berakhir, seluruh SD dan SMP di Pasaman Barat melaksanakan kegiatan Tahfiz. Para siswa menyetorkan hafalannya kepada masing-masing guru pembimbing, untuk dicatat pada lembaran buku hafalan Tahfiz.

Baca juga: Mustika Yana Yang Dipertuan Kinali Serahkan Berkas Pencalonan jadi Calon Bupati ke PAN Pasbar

Monev ini dihadiri Kabid SD Disdik, Yarpan, Kasi Kurikulum, Kasi Kesiswaan, Pengawas Sekolah, Pengurus Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI), pengurus MGMP Pendidikan Agama Islam, pengurus MKKS SMP dan pengurus K3S SD Pasaman Barat.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: