Ini 11 Lokasi Safari Dakwah Ust Yahya Waloni di Sumbar Tanggal 6-9 Oktober 2023

Selasa, 03 Oktober 2023, 17:12 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Ini 11 Lokasi Safari Dakwah Ust Yahya Waloni di Sumbar Tanggal 6-9 Oktober 2023
Tangkapan layar Ust Yahya Waloni saat tampil dalam dialog bersama Ust Deri Sulaiman di Acara Ngopi (ngobrol perkara iman).

BUKITTINGGI (3/10/2023) - Ketua Panitia Pembangunan Pusat Dakwah dan Pelayanan Ummat IPHI Agam, Asra Faber bersama Darnis Burhan (Ketua IPHI Agam) mengundang umat muslim khususnya yang ada di Sumatera Barat, menghadiri tabligh akbar bersama Ust Yahya Waloni.

"Tabligh Akbar dalam rangka Safari Dakwah Syiar Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Ust Yahya Waloni akan digelar tanggal 6-9 Oktober 2023 di sejumlah masjid di Sumatera Barat," ungkap Asra Faber yang juga anggota DPRD Sumbar, dalam pesan video yang diterima, Selasa.

Asra Faber berharap, kehadiran umat muslim dalam meramaikan safari dakwah ini, akan jadi motivasi dan penyemangat dalam syiar Islam di Ranah Minang.

Yahya Waloni memiliki nama lengkap Muhammad Yahya. Ia lahir di Manado pada 30 November 1970. Sebelum jadi mualaf, mantan pendeta ini bernama Yahya Yopie Waloni yang lahir dari keluarga Minahasa yang taat beragama.

Baca juga: 180 Orang Ikuti Safari Dakwah IPHI Agam, Ini Pesan Bupati

Yahya memutuskan untuk memeluk agama Islam pada Rabu, 11 Oktober 2006. Proses mualaf Yahya Waloni dituntun Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Tolitoli, Komarudin Sofa. Hijrahnya Yahya Waloni, kemudian diikuti istri dan anak-anaknya.

Mereka pun kemudian berganti nama. Seperti nama sang istri Lusiana diganti jadi Mutmainnah. Nama anaknya, Silviana diganti jadi Nur Hidayah dan Sarah menjadi Siti Sarah. Sementara putranya masih menggunakan nama Zakaria.

Sebelum memeluk Islam dan jadi ustadz, Yahya Waloni memiliki profil sebagai pendeta pada Badan Pengelola Am Sinode GKI di Tanah Papua, Wilayah VI Sorong-Kaimana. Karenanya, Ust Yahya kerap berceramah soal misionaris dan kristenisasi.

Dalam perjalanannya, Ust Yahya Waloni sempat terlibat masalah hukum hingga kemudian divonis bersalah hingga harus menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan.

Baca juga: Sekda Agam Ikuti Safari Dakwah Ust Yahya Waloni di Lubuk Basung

Jadwal dan tempat Safari Dakwah Ust Yahya Waloni;

I. Jumat 6 Oktober 2023

  1. Masjid Nurul Huda Silaing Padang Panjang (ba'da Jumat)
  2. Masjid As Syarif Koto Laweh Tilkam (ba'da Isya)

II. Sabtu, 7 Oktober 2023

  1. Masjid Jamik Aur Atas Bukittinggi (Subuh Berjamaah)
  2. Masjid Al Irsyad Palupuah, Kabupaten Agam, (ba'da Zuhur)
  3. Masjid Pingai Solok (Ba'da Isya)

III. Minggu 8 Oktober 2023

  1. Masjid Raya Sumbar, Padang (Subuh Berjamaah sekaligus Taushiah HUT Sumbar ke78)
  2. Masjid Al Mabrur Pusat Dakwah IPHI Agam, Pakan Sinayan Banuhampu (pukul 09.30 sd Selesai)
  3. Masjid At Taqwa Bukareh, Kecamatan Tilkam, Agam (ba'da Isya)

IV. Senin 9 Oktober 2023

  1. Masjid Jamik Tarok Bukittinggi (Subuh Berjamaah)
  2. Masjid Al Huda Jorong Baruah, Padang Tarok, Baso, Agam (ba'da Zuhur)
  3. Masjid Agung Nurul Falah Lubuk Basung (ba'da Isya)

Asra Faber berharap, kehadiran kaum muslimin dan muslimat di berbagai lokasi mendengarkan tausyiah dari Ust Yahya Waloni yang juga seorang mantan pendeta itu, jadi ibadah serta motivasi untuk perjuangan Islam kedepan. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: