Polres Agam Gelar Sispamkota, Simulasikan Pemungutan Suara Pemilu 2024 Rusuh

Senin, 18 September 2023, 17:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Polres Agam Gelar Sispamkota, Simulasikan Pemungutan Suara Pemilu 2024 Rusuh
Pasukan Dalmas Polres Agam, mengamankan gejolak massa yang tak puas dengan pelaksanaan Pemilu 2024, Senin. Ini merupakan simulasi Sispamkota dalam pengamanan Pemilu 2024. (humas)

AGAM (18/9/2023) - Kapolres Agam, AKBP Muhammad Agus Hidayat mengatakan, simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) digelar, untuk antisipasi apabila dalam tahapan Pemilu 2024 terjadi gejolak. Sehingga, bisa dilakukan tindakan pengamanan sesuai SOP yang ada.

"Rangkaian kegiatan tersebut antara lain adanya komplain dari masyarakat yang tidak puas dengan hasil pemungutan suara sehingga Polri melakukan kegiatan pengaman sesuai SOP yang ditentukan," ungkap AKBP Muhammad Agus, Senin.

Sispamkota ini dilaksanakan di depan Kantor Satlantas Polres Agam, Jalan Soekarno-Hatta Lubuk Basung.

Pada tahapan Pemilu sebelumnya, sudah dilaksanakan kegiatan deklarasi damai dan Sispamako serta dilanjutkan dengan kegiatan Sispamkota.

Baca juga: Usai Mencoblos di TPS 078, Bupati Agam Pantau Pelaksanaan Pemilu

Kegiatan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari persiapan Pemilu, pemungutan suara, hingga penanganan situasi darurat seperti demonstrasi atau unjuk rasa dan lainnya.

Skenario awal dari simulasi tersebut antara lain pemungutan suara Pemilu 2024 di Lubuk Basung, dimana beberapa orang mencoba memasuki Tempat Pemungutan Suara (TPS) tanpa kartu undangan dan terjadi keributan.

Setelah pemungutan suara selesai, beberapa orang tersebut jadi provokator dengan membawa massa dalam menolak hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU.

Kemudian, massa dihadang personil yang melaksanakan pengamanan dengan bantuan ratusan personil Dalmas dan kendaraan water canon.

Baca juga: Pastikan Pemilu Berjalan Aman, Polres Pasbar Gelar Sispamkota di Halaman Kantor KPU

Ia melanjutkan, dalam kegiatan ini melibatkan 300 personil kepolisian, 50 orang personil Satpol PP, 30 personil KPU dan dari massa yang dilibatkan sekitar 50 orang serta water canon dan lainnya.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: