Harga Beras Terus Melonjak, Nevi Zuairina Sorot Program Food Estate Pemerintah Jokowi

Selasa, 12 September 2023, 10:15 WIB | News | Nasional
Harga Beras Terus Melonjak, Nevi Zuairina Sorot Program Food Estate Pemerintah Jokowi
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

JAKARTA (12/9/2023) - Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina menegaskan, Fraksi PKS sejak dulu hingga sekarang, selalu mendorong pemerintah melakukan upaya diversifikasi pangan, baik di pusat maupun daerah.

"Ini yang hingga saat ini belum terealisasi sehingga kebutuhan pangan pokok hingga hari ini masih tergantung pada satu komoditi yakni beras. Kondisi ini sangat rentan karena ketika harga dan stok beras terganggu, akan memicu gejolak seluruh tanah air," tutur Nevi menanggapi lonjakan harga beras di pasaran, dalam pernyataan tertulis yang diterima, Selasa.

Menyoroti kenaikan harga beras yang terjadi beberapa waktu terakhir, Nevi meminta pemerintah, segera turun tangan mengambil langkah solutif untuk menekan kenaikan harga. Sebab, meroketnya harga beras, dikhawatirkan akan memantik kenaikan kebutuhan pokok lainnya.

Legislator asal Sumatera Barat II ini meminta, agar pemerintah melakukan terobosan-terobosan dalam bentuk inovasi dan teknologi baru guna meningkatkan produksi pangan.

Baca juga: Harga Beras Premium Melonjak, Distributor Mesti Salurkan Beras SPHP Sesuai Ketentuan

"Perlu ada terobosan dalam bentuk inovasi dan teknologi baru yang bisa melipatgandakan produksi dengan input yang makin minim."

"Beberapa upaya baik intensifikasi maupun ekstensifikasi yang telah dilakukan dalam bentuk Food Estate terbukti belum memberikan dampak signifikan," ujar Nevi.

Politisi PKS ini menyampaikan, agar pemerintah dapat segera menambah luas tanam guna meningkatkan produksi pangan. Penambahan luas tanam ini mesti tepat dan selaras dengan kebutuhan tanaman pangan.

"Lakukan upaya memperluas lahan pangan yang masih terbilang kecil. Tapi jangan sampai lahan baru untuk tanaman pangan tidak cocok dengan tanamannya seperti lahan gambut atau tanah yang tidak layak tanam," ucap Nevi.

Baca juga: Harga Beras Melonjak, Wabup Tanah Datar: Gunakan Beras Lokal untuk Operasi Pasar

Anggota Badan Anggaran ini juga meminta, pemerintah dan Bulog segera mempercepat pendistribusian beras dengan stok yang tersedia melalui operasi pasar guna menstabilkan harga komoditas tersebut.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024