Pemkab Agam Gelar Festival Budaya 2023, Ini Lomba yang Digelar

Kamis, 07 September 2023, 05:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pemkab Agam Gelar Festival Budaya 2023, Ini Lomba yang Digelar
Penampilan bundo kanduang dengan tikuluak dan baju kuruang basiba pada gelaran Festival Budaya 2023 yang digelar Pemkab Agam, Rabu. (humas)

"Lomba baju basiba ini kita pastikan nanti peserta menampilkan baju kuruang basiba tradisional yang mempedomani larangan sumbang duobaleh," jelasnya.

Diketahui, kriteria penilaian dari lomba Baju Kuruang Basiba yaitu Keserasian, tata rias (make up), dan Penampilan.

Sementara, penilaian lomba memasak diantaranya pertama persiapan pemasak, alat dan bahan, serta kebersihan, kedua pengolahan dan kekompakan tim, ketiga penyajian, dan keempat kemampuan menyampaikam keunggulan masakan yang disajikan.

Baca juga: Kementrian PUPR Siapkan 200 Rumah untuk Relokasi Warga Agam di Lokasi Rawan Bencana

Yenni juga mengungkapkan dari lomba memasak olahan ikan secara tradisional juga menjadi upaya Bundo Kanduang mendukung program Penurunan Stunting yang sedang digencarkan pemerintah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra Dt Bandaro menyampaikan, dengan diadakannya festival ini nantinya bundo kanduang, generasi muda dan masyarakat Kabupaten Agam dapat mengembangkan, mewarisi, dan melestarikan budaya minang yg ada di Luhak Agam.

"Diharapkan juga karakter peserta didik terbentuk sesuai dengan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah dan dapat mengimplementasikan nilai nilai budaya seperti kato nan ampek dalam kehidupan sehari hari," harapnya. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: