TAPD Gelar Asistensi Kegiatan Prioritas di Penyusunan Perubahan APBD Agam 2023

Rabu, 06 September 2023, 16:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
TAPD Gelar Asistensi Kegiatan Prioritas di Penyusunan Perubahan APBD Agam 2023
Sekda Agam, Edi Busti yang juga Ketua TAPD, pimpin rapat asistensi penyusunan program prioritas pada perubahan APBD 2023, selama tiga hari, Selasa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (5/9/2023) - Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Agam, bahas kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan hingga akhir tahun 2023.

Pembahasan yang terbagi dalam dua kelompok itu, menghadirkan pimpinan OPD, bagian sekretariat daerah serta pemerintahan kecamatan. Pembahasan oleh TAPD ini digawangi 14 personel ini, digelar di aula Bappeda pada 5-7 September 2023.

"Pembahasan ini difokuskan pada kegiatan wajib yaitu belanja yang tidak bisa dielakkan seperti gaji, TPP dan biaya rutin lainnya. Selanjutnya, membahas biaya program prioritas. Terakhir, dana kegiatan tambahan dijadikan catatan dan kita akan lakukan pembahasan dengan detail," kata Ketua TAPD Agam, Edi Busti pada kegiatan asisten itu.

Ikut hadir mendampingi, Asisten II dan III serta kepala Bekeuda dan Bappeda Agam.

Baca juga: 240 Kader Ikuti Jambore Kader Posyandu 2024, Ini Arahan Edi Busti

Edi Busti menegaskan, yang akan dibahas adalah 3 bahan utama dalam pelaksanaan rencana perubahan anggaran 2023.

Selain hal tersebut, dia juga menambahkan penjelasannya tentang pembiayaan kegiatan rutin sebuah organisasi seperti di Organisasi Pengkat Daerah yang ada di Kabupaten Agam.

"Pembiayaan kebutuhan rutin wajib disusun untuk satu tahun oleh setiap OPD, karena kegiatan rutin merupakan urat nadi dalam sebuah unit kerja," jelas Edi Busti.

Dua agenda utama yang jadi bahasan yaitu pertama melaksanakan asistensi RKA perubahan tahun 2023 dengan melakukan kesesuaian usulan perubahan anggaran OPD.

Baca juga: Edi Busti Paparkan DOB Agam Tuo pada Tim Provinsi

Indikatornya, kegiatan dan rincian belanja, kesesuaian usulan perubahan anggaran OPD dengan Standar Biaya APBD tahun 2023, Standar Perjalanan Dinas 2023 dan Standar Satuan Harga 2023.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: