Jazilul Fawaid: Sistem Pemilu yang Lebih Efektif Perlu Dikaji Kembali

Minggu, 27 Agustus 2023, 17:21 WIB | News | Nasional
Jazilul Fawaid: Sistem Pemilu yang Lebih Efektif Perlu Dikaji Kembali
Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid jadi narasumber diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema 'DPR Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Maju' di Media Center DPR RI, Jumat. (humas)

JAKARTA (27/8/2023) - Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid mengungkapkan perlu adanya kajian yang lebih mendalam terkait berbagai sistem pemilu yang pernah dijalani untuk mencari mana yang lebih efektif.

Harus diakui, terang dia, biaya penyelenggaraan pemilu sangat mahal sehingga perlu dibahas sistem yang lebih murah dan efisien.

"Hal ini, bisa dimulai dengan membangun sistem aturan yang memunculkan demokrasi yang lebih sederhana," ungkap Jazilul Fawaid dalam diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema 'DPR Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Maju' di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat

Semua pihak, kata dia, mengakui bahwa biaya penyelenggaraan Pemilu sudah mahal. Biaya kompetisi calon juga mahal.

Baca juga: Komisi III DPR RI Tetapkan 7 Calon Hakim Agung, Mardefni: Uji Kelayakan dan Kepatutan Kental Aroma Kepentingan

"Menurut saya, ini perlu dibahas sistem yang memungkinkan semua bisa ikut dan tidak membutuhkan biaya yang mahal," jelasnya.

Politisi Fraksi PKB ini menilai, ke depan hal ini perlu dikoreksi. Terlebih, pemilihan langsung itu juga banyak variannya. Ada sistem terbuka, ada semi terbuka atau proporsional (terbuka).

"Saya pikir, perlu kajian mana yang lebih efektif, toh hasilnya sama saja," tutupnya. (*)

Baca juga: DPRD Sumbar Diminta Aktif Awasi Pembentukan Pansel Komisaris dan Direksi Bank Nagari

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: