Kursi DPR RI Pemilu 2024 di Dapil II Sumatera Barat Disegel Dua Caleg, Kursi Terakhir Diperebutkan 3 Parpol

Kamis, 24 Agustus 2023, 22:32 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Kursi DPR RI Pemilu 2024 di Dapil II Sumatera Barat Disegel Dua Caleg, Kursi Terakhir...
Ruang sidang Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta.

PADANG (24/8/2023) - Dua dari enam kursi parlemen tingkat DPR RI di Dapil II Sumatera Barat Pemilu 2024, sepertinya sudah disegel dua nama, Mulyadi dari Partai Demokrat dan Ade Rizki Pratama dari Partai Gerindra.

"Pak Mulyadi dengan perolehan suara pribadi 144.954 (total suara 197.834) dan Pak Ade Rizki yang raih suara pribadi 104.740 (total suara partai 223.891), walaupun dalam kondisi terburuk berkurang suaranya, tetap saja akan mampu memastikan perolehan 1 kursi bagi partainya pada Pemilu 2024," ungkap Direktur SBLF Myriset, Edo Andrefson merujuk data hasil Pemilu 2019, di Padang, Kamis.

Dapil II Sumatera Barat, pada Pemilu 2024 mendatang memiliki jatah 6 kursi. Wilayahnya melingkupi 8 kabupaten/kota yang terdiri dari Kabupaten Padangpariaman, Kota Pariaman, Kabupaten Agam, Kota Bukittingi, Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Dengan menyisakan 4 kursi tersisa, perebutan kursi parlemen di tingkat nasional dari Dapil II Sumatera Barat ini bakal sengit, seiring tak adanya figur yang terlalu menonjol di antara 18 partai politik peserta Pemilu 2024 yang mengajukan Caleg, sebagaimana pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) oleh KPU pada berbagai media tanggal 19-23 Agustus 2023.

Baca juga: Kursi DPR RI Pemilu 2024 dari Dapil I Sumatera Barat Potensi Diwakili 7 Partai, Ini Analisisnya

Untuk Dapil II Sumatera Barat, menurut Edo, berat bagi setiap partai, untuk meraih dua kursi parlemen, terlebih masih digunakannya mekanisme penghitungan perolehan kursi dengan metode divisor Sainte Lague.

"Beratnya meraih dua kursi, juga disebabkan jumlah pemilih yang tak bertambah signifikan dibanding Pemilu 2019, tingkat partisipasi yang berada di angka 70-an persen serta jumlah partai politik peserta Pemilu yang terus bertambah," ungkap Edo seputar alasan lain beratnya meraih dua kursi parlemen.

Pada Pemilu 2019 lalu, empat kursi tersisa ini diraih PKS, PAN, Partai Golkar dan PPP. Untuk Pemilu 2024 mendatang, komposisinya diperkirakan akan berubah.

Dijelaskan Edo, PKS dinilai akan bertahan dapat 1 kursi, karena faktor memasang petahana Nevi Zuairina di nomor urut 1, kemudian Wali Kota Payakumbuh dua periode, Riza Falepi di nomor urut 2.

Baca juga: Pemilu 2024 Digelar Hari Ini di Sumbar, Riset SBLF Hasilkan PKS jadi Pemenang, Disusul Gerindra dan Golkar

Selanjutnya, potensi perolehan suara PKS juga dibackup anggota DPRD Sumbar dan mantan Cawako Pariaman, Muhammad Ridwan di nomor urut 3 serta M Ihpan, anggota DPRD Pasaman yang cukup populer di daerahnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: