Pertemuan AIPA ke-44 Ditutup dengan Atraksi Budaya dan Olah Vokal Legislator Berlatar Artis

Sabtu, 12 Agustus 2023, 09:00 WIB | News | Nasional
Pertemuan AIPA ke-44 Ditutup dengan Atraksi Budaya dan Olah Vokal Legislator Berlatar...
Anggota BKSAP DPR RI, Arzeti Bilbina dan Dewi Coryati bersama para delegasi AIPA berfoto bersama usai berkunjung mengelilingi ke 'Indonesia Kecil' yakni Taman Mini Indonesia (TMII), Kamis (10/8/2023). (humas)

JAKARTA (10/8/2023) - Wajah nusantara dengan keanekaragaman budaya dan tradisi yang dimiliki Indonesia, jadi agenda wajib di setiap rangkaian kegiatan Inter Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44, di Jakarta.

AIPA telah resmi ditutup Ketua DPR RI sekaligus Presiden AIPA 2023, Puan Maharani dan diakhiri dengan mengajak delegasi AIPA melihat miniatur Indonesia di TMII, Jakarta Timur, sepanjang Kamis.

Para delegasi dari Parlemen 9 Negara ASEAN, negara observer dan organisasi internasional, berkunjung ke 'Indonesia Kecil' yakni Taman Mini Indonesia (TMII).

Mereka pun menikmati ragam budaya Indonesia ditemani dua Anggota BKSAP DPR RI, Arzeti Bilbina dan Dewi Coryati.

Baca juga: Palestina Tak Masuk dalam Pernyataan Bersama P20, Puan: Indonesia, Turki, China, Afrika Selatan dan Rusia Ajukan Keberatan Bersama

Di TMII, delegasi AIPA diperkenalkan seni budaya Indonesia mulai dari tarian, pakaian tradisional, serta beragamnya adat istiadat Indonesia yang bisa dinikmati di satu tempat saja.

Dimulai dengan di Paviliun Keong Mas, delegasi berkumpul untuk selanjutnya mengunjungi anjungan Sumatera Barat, disambut dengan tarian khas Sumbar, dengan baju adat yang berwarna merah, dilengkapi dengan aksesoris manik-manik berwarna kuning menghiasi para penari yang menyajikan gerakan indah diiringi dengan lantunan musik yang khas tiada dua.

Selesai dari situ delegasi AIPA pun diajak untuk melihat aneka satwa unggas Indonesia di Jagat Satwa Nusantara, tempat ini melestarikan beraneka ragam unggas, seperti merak, aneka ragam burung paruh bengkok, dan burung unik nan indah dengan warna yang cantik.

Para delegasi pun terlihat antusias, menikmatinya, berfoto dan bercengkrama dengan satwa.

Baca juga: Jelang Pilpres 2024; Puan Maharani, Saldi Isra dan Basuki Hadimoeljono jadi Perbincangan Kader PDIP

Koleksi unggas yang ada di Jagat Satwa Nusantara merupakan yang terlengkap di Indonesia, karena terdiri atas 175 jenis burung dan unggas dengan jumlah mencapai ribuan ekor. Baik yang berasal dari Indonesia bagian barat maupun Indonesia bagian timur.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: