DPR RI Tambah 2 Komisi dan Badan Aspirasi Masyarakat, Puan: Menyelaraskan dengan Penambahan Menteri

Selasa, 15 Oktober 2024, 06:45 WIB | News | Nasional
DPR RI Tambah 2 Komisi dan Badan Aspirasi Masyarakat, Puan: Menyelaraskan dengan...
Ketua DPR RI, Puan Maharani didampingi para wakil ketua, memberikan keterangan pers pada wartawan usai Rapim dan Rapat Konsultasi pertama penambahan AKD, di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

JAKARTA (14/10/2024) -- DPR RI periode 2024-2029 sepakati penambahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Delapan fraksi yang ada di DPR RI, menyepakati penambahan dua komisi dan Badan Aspirasi Masyarakat (BAM).

"Penambahan AKD ini sebagai bentuk kesiapan DPR RI dalam mengawal pemerintahan baru Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029," ungkap Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Hal itu dikatakan Puan, seusai Rapat Pimpinan (Rapim) dan Rapat Konsultasi pertama yang dilakukan di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin.

Puan memastikan, penambahan AKD ini dalam kerangka menyelaraskan atau menyinergikan dengan rencana pemerintah yang akan datang, melakukan penambahan kementerian.

Baca juga: Kota Bukittinggi Istimewa bagi Gerindra, Dasco: Kader Wajib Menangkan Pilwako dan Pilgub

Adapun terkait dengan mitra dari tiap komisi, tambahnya, akan diumumkan setelah pemerintahan terpilih mengumumkan kementeriannya terlebih dulu.

"Sampai sekarang, Komisi I sampai XI masih tetap. Penambahan komisi yakni Komisi XII dan XIII nanti akan menyusul menyesuaikan seperti apa kementerian yang akan diumumkan pemerintah yang akan datang," tutur Puan.

Sedangkan penambahan Badan Aspirasi Masyarakat, akan bertugas untuk bisa menampung aspirasi masyarakat.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyebut, setelah Rapim dan Bamus diselenggarakan, maka berikutnya, pimpinan AKD yang telah disepakati akan dilantik dalam Rapat Paripurna DPR RI yang digelar pada Selasa (15/10/2024).

Dengan demikian, lanjut dia, AKD di DPR RI dapat mulai efektif bekerja pada Rabu (16/10/2024).

"Insya Allah, hari Selasa, kami akan paripurnakan. Pada Selasa itu juga, kami akan secara maraton melantik pimpinan-pimpinan AKD," tutur dia. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024