63 Mustahik Terima Zakat dari Baznas Agam

Rabu, 09 Agustus 2023, 06:11 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
63 Mustahik Terima Zakat dari Baznas Agam
Wakil Ketua II Baznas Agam, Syafrizal Yasin secara simbolis salurkanan zakat di Musholla Al-Ikhlas, Lubuk Basung, Selasa. (humas)

AGAM (8/8/2023) - Baznas Agam bersama Dinas Sosial, distribusikan zakat yang dihimpun Baznas pada 63 orang mustahik dengan total dana Rp136,035 juta.

"Hari ini, zakat kami berikan pada 38 orang mustahik yang berasal dari 6 kecamatan yakni Tanjung Mutiara, Ampek Nagari, Lubuk Basung, Tanjung Raya, Palembayan dan Matur," ungkap Wakil Ketua II Baznas Agam, Syafrizal Yasin saat penyaluran zakat di Musholla Al-Ikhlas, Lubuk Basung, Selasa.

Rincian zakat yang didistribusikan itu terdiri dari Program Agam Sehat berupa bantuan biaya berobat pada 40 orang dengan total Rp75,3 juta, Program Agam Peduli berupa bantuan perbaikan rumah terkena bencana dan bantuan Lansia pada 9 orang dengan total Rp25,2 juta.

Program Agam Cerdas berupa bantuan melanjutkan pendidikan kepada 9 orang dengan dana Rp22,5 juta dan Program Agam Makmur berupa bantuan tambahan Modal Usaha pada 5 orang dengan dana Rp13,035 juta.

Baca juga: Satgas Penanggulangan Bencana Bersihkan Masjid Jami' Sungai Pua

"Pendistribusian zakat tahap II, akan digelar di Mushalla Belakang Balok, Bukittinggi pada Kamis, 10 Agustus 2023," ungkap Syafrizal.

Dijelaskan Syafrizal, karena faktor keterbatasan dana zakat yang terkumpul, membuat belum bisa menampung semua kebutuhan masyarakat yang membutuhkan.

Menyikapi persolan itu, terangnya, Baznas Agam mengupayakan terbentuknya UPZ Nagari dan sosialisasi zakat ke calon muzaki dan perusahaan.

Sementara, Sekretaris Dinas Sosial Agam, Desnawati menyampaikan imbauannya, agar perusahaan ataupun warga Agam lainnya, mengamanahkan penggunaan dana zakatnya ke Baznas Agam.

Baca juga: Setelah 6 Hari, Pencarian Korban Longsor di Sungai Pua Libatkan 2 Anjing Pelacak

"Zakat yang Baznas dapatkan itu, nantinya juga akan diberikan kembali kepada mustahik-mustahik yang ada di Kabupaten Agam," tuturnya.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: