Dua Nagari jadi Desa Wisata Terbaik, Sekda Agam: Mau Berkembang, Perhatikan Rasa Aman dan Nyaman

Kamis, 20 Juli 2023, 22:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Dua Nagari jadi Desa Wisata Terbaik, Sekda Agam: Mau Berkembang, Perhatikan Rasa Aman dan...
Sekda Agam, Edi Busti saat jadi salah seorang pembicara pada "Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pengembangan Destinasi Wisata," di Lubuk Basung, Kamis. (humas)

AGAM (20/7/2023) - Sekda Agam, Edi Busti mengungkapkan, dua nagari yakni Nagari Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya dan Lawang Kecamatan Matur dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

"Rasa aman dan nyaman, merupakan daya tarik utama berkembang atau tidaknya sebuah destinasi wisata," tegas Edi Busti saat membuka "Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pengembangan Destinasi Wisata," di Lubuk Basung, Kamis.

Pelatihan ini diikuti 21 orang Wali Nagari dan Ketua Badan Musyawarah (Bamus). Sedangkan ADWI merupakan penghargaan pengelolaan kepariwisataan berstandarisasi yang telah ditetapkan secara nasional.

Pengelolaan tersebut, menurut Edy Busti, tidak terlepas dari kepiawaian pelaku pariwisata dalam menangkap segala peluang atau berjiwa entrepreneurship dan menciptakan rasa aman serta nyaman bagi wisatawan yang berkunjung.

Baca juga: Koni Agam Gagas One Cabor One Event, Edi Busti: Geliatkan Olah Raga Sekaligus Pemulihan Ekonomi

Ia juga mengumpamakan Pulau Bali sebagai tujuan wisata berskala nasional dan internasional saat ini, disamping rasa aman dan nyaman juga mengedepankan kemudahan berinvestasi.

"Setiap desa memiliki objek-objek wisata yang dibangun dan dikelola sendiri tanpa tergantung peran pemerintah, mereka selalu memudahkan investor," imbuhnya.

Dari 92 nagari yang ada di Kabupaten Agam, ungkap Edi Busti, 21 di antaranya termasuk kedalam nagari wisata yang telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati Agam No 313 Tahun 2021 tentang Nagari Wisata.

Edi Busti menyebutkan, salah satu upaya dalam pengembangan nagari adalah melalui pengembangan pariwisata.

Baca juga: Koni Agam Desak Provinsi Pastikan Pelaksanaan Porprov XVI Tahun 2025, Ini Alasannya

Sektor pariwisata ini mampu memberikan kontribusi yang besar untuk kesejahteraan masyarakat.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: