KI Pusat Tetapkan Empat Tokoh jadi Duta Keterbukaan Informasi, Ini Profilenya

Selasa, 16 Mei 2023, 16:09 WIB | News | Nasional
KI Pusat Tetapkan Empat Tokoh jadi Duta Keterbukaan Informasi, Ini Profilenya
Mahfud MD, Effendy Gozali, Wina Armada Sukardi dan Titi Anggraini, dinobatkan sebagai duta keterbukaan informasi oleh KI Pusat.

JAKARTA (16/5/2023) - Hari Keterbukaan Informasi (HKI) Tahun 2023 yang akan dipusatkan di Kabupaten Kampar, Riau, ditandai dengan penobatan empat orang tokoh nasional sebagai duta keterbukaan informasi.

Keempat orang duta tersebut yakni Menkopolhukam, Mahfud MD, Effendy Gozali (pakar komunikasi politik), Wina Armada Sukardi (tokoh pers) dan Titi Anggraini (aktifis pemilu dan demokrasi Indonesia) akan ditetapkan Komisi Informasi (KI) Pusat pada 17 Mei 2023 bertepatan dengan momen HKI.

"Dengan menggandeng empat tokoh nasional ini, akan membantu Komisi Informasi untuk mempercepat proses edukasi, sosialisasi dan pembudayaan keterbukaan informasi di setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," ungkap Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi KI Pusat, Syawaludin, dalam pernyataan tertulis yang diterima, Selasa.

Dikatakan, KI Pusat sebelumnya telah melakukan penjaringan terhadap tokoh-tokoh terbaik yang dinilai memberikan manfaat dan berdampak luas pada masyarakat Indonesia. Dari sana terpilihlah keempat tokoh ini.

Baca juga: Transparankan Dana Desa, KI Teken MoU dengan Kemendes dan Transmigrasi

Menkopolhukam Mahfud MD merupakan pejabat publik yang berani berbicara terbuka dan blak-blakan.

Terakhir dalam rapat dengar pendapat dengan DPR, Mahmud MD bersuara lantang mengenai kemungkinan adanya pencucian uang triliunan yang dilakukan oleh oknum-oknum Aparat Negeri Sipil (ASN).

Sedangkan Effendi Gazali guru besar ilmu komunikasi Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia.

Dosen berbagai perguruan tinggi ini sering tampil sebagai analisis komunikasi politik. Mantan wartawan sepak bola dan mantan penasehat menteri kelautan dan perikanan, beberapa kali "memenangkan" kasus yang diajukan ke Komisi Informasi.

Baca juga: Lima Komisioner KI Sumbar Ikuti Bimtek PSIP

Dalam kariernya Effendy telah memenangkan berbagai penghargaan internasional.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: