Pasbar Kelola 16 Paket DAK Fisik Bidang Pertanian Tahun 2023, Ini Arahan Wabup

Kamis, 04 Mei 2023, 20:58 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Pasbar Kelola 16 Paket DAK Fisik Bidang Pertanian Tahun 2023, Ini Arahan Wabup
Wabup Pasaman Barat, Risnawanto memberikan arahan pada rapat sosialisasi DAK Fisik tahun 2023 pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Pasaman Barat, Kamis. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (4/5/2023) - Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto mengatakan, Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pertanian adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan pemenuhan sarana prasarana di bidang pertanian yang merupakan urusan daerah sesuai dengan prioritas nasional.

"Kita patut bersyukur dengan bantuan DAK fisik ini. Bentuk syukur kita adalah dengan fokus melakukan pekerjaan sesuai dengan tenggang waktu yang diberikan," tegas Risnawanto saat menghadiri rapat sosialisasi DAK Fisik tahun 2023 pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Pasaman Barat, Kamis.

Untuk tahun 2023 ini, terang dia, DAK fisik di Pasaman Barat mencapai 16 paket pekerjaan dengan anggaran Rp3,2 miliar.

Risnawanto berharap, pembangunan yang dikerjakan pada tahun 2023 ini, dilakukan dengan maksimal. Sehingga, bantuan dari pemerintah pusat dapat berlanjut di tahun mendatang.

Baca juga: Halal Bihalal dengan LKAAM Pasbar, Risnawanto Nyatakan Siap jadi Calon Bupati di Pilkada 2024

"Jika ada kendala dan tidak lancar, maka tahun depan bantuan pusat akan tersendat," tegasnya.

"Untuk itu, melalui pertemuan dengan kelompok tani ini, mari kita bekerjasama untuk menyelesaikan pengerjaan secara maksimal," urai dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pasaman Barat, Doddy San Ismail menjelaskan, rincian kegiatan DAK fisik itu di antaranya, rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier sebanyak 6 kelompok tani.

Dimana, 1 kelompok tani yang berada di Kecamatan Ranah Batahan, 2 kelompok tani di Kecamatan Kinali dan 3 kelompok tani di Kecamatan Talamau.

Baca juga: 52 Ribu Pengunjung Hadiri Kegiatan Pesta Pantai Sasak, Ini Kata Wabup Pasbar

Kemudian, kegiatan Pembangunan Jalan Usaha Tani sektor Tanaman Pangan pada Kecamatan Kinali sebanyak 4 kelompok tani, Kecamatan Luhak Nan Duo 1 kelompok tani dan Kecamatan Talamau 1 kelompok tani.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: