Miliaran Rupiah Uang Perantau Agam Dibelanjakan selama Mudik Lebaran

Rabu, 26 April 2023, 20:41 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Miliaran Rupiah Uang Perantau Agam Dibelanjakan selama Mudik Lebaran
Ketua Umum Badan Koordinasi (Bakor) Perantau Kabupaten Agam, Dr Zefri saat bersilaturahmi dengan pemerintah daerah, di kampus UIN Djamil Jambek, Rabu. (humas)

AGAM (26/4/2023) -Perputaran uang selama libur lebaran Idul Fitri 1444 H di Kabupaten Agam, tembus angka miliaran rupiah

Ini disebabkan banyaknya perantau yang mudik ke kampung halaman pada Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023 Masehi ini.

"Jumlah perantau yang mudim diperkirakan mencapai belasan ribu jiwa," ungkap Ketua Umum Badan Koordinasi (Bakor) Perantau Kabupaten Agam, Dr Zefri saat bersilaturahmi dengan pemerintah daerah, Rabu.

Ia menyebut, meski belum ada data pasti terkait jumlah perantau maupun diaspora dari Agam, namun berdasarkan data kependudukan dapat dibuat simulasi untuk memperkirakan jumlah masyarakat Agam yang berada di rantau.

Baca juga: LSF Sosialisasikan Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri di Agam

Berdasarkan sensus tahun 2010 jumlah masyarakat Sumatera Barat yang bermukim di dalam dan luar provinsi lebih dari 8 juta jiwa.

Merujuk pada data jumlah penduduj Sumatera Barat pada tahun 2010 sebanyak 4,83 juta jiwa.

"Jika perhitungan yang sama diberlakukan pada Kabupaten Agam maka dapat diperkirakan masyarakat Agam yang berada di perantauan saat ini sekitar 500.000 jiwa," katanya.

Dari jumlah tersebut, lanjut dia, secara kuantitas perantau Agam yang mudik ke kampung halaman pada tahun ini diperkirakan sebanyak 544 KK atau sekitar 15.000 lebih jiwa.

Baca juga: O2SN Kecamatan Tanjung Mutiara Lombakan 5 Cabang Olah Raga

"Jumlah tersebut tentunya dapat dipandang sebagai potensi yang besar jika dikelola dengan cermat, khususnya dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Agam," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: