MTQ Ke-36 Sawahlunto, Peringkat Agam Turun, Medali Bertambah

Senin, 16 November 2015, 10:41 WIB | Wisata | Kab. Agam
MTQ Ke-36 Sawahlunto, Peringkat Agam Turun, Medali Bertambah
Kafilah dan Official Kabupaten Agam pada MTQ nasional ke-36 di Kota Sawahlunto, foto bersama usai menerima medali dari panitia, Sabtu (14/11/2015) di lapangan Bola Kaki Kota Arang itu. (humas)

VALORAnews - Kabupaten Agam berada pada peringkat enam besar, pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-36 tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Kota Sawahlunto. Penyerahan piala dan penghargaannya, digelar di lapangan bola kaki Ombilin.

"Agam memperoleh 10 medali dan dinobatkan masuk pada enam besar pada MTQ ke-36 di Kota Sawahlunto," ungkap Ketua Rombongan Kafilah dan Official Kabupaten Agam, Hendri didampingi Zainal Muttaqin (Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat/Kesra), Sabtu (14/11/2015), di Sawahlunto.

Turut menghadiri penyerahan dan penutupan MTQ itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setdakab Agam, Martias Wanto, Syatria (Kabag Humas Agam) dan lainnya.

Hendri menambahkan, pada kegiatan MTQ yang dimulai pada 7 sampai 14 November 2015, kafilah Agam meraih empat medali emas, dua medali perak dan empat medali perunggu.

Baca juga: Di Atas Sajadah, Nenek Dua Cucu Rasakan Dinding Rumah Bergetar Hebat Dihantam Galodo Galuang

Medali emas diperoleh Nela Siskaleni untuk cabang khat naskah putri, Novia Tiara Sari untuk cabang khat hiasan putri dan Muhammad Said pada cabang kitab standar putra dan Rahimatul Fikri untuk cabang kitab standar putri.

Lalu, medali perak diperolah Husni Mubarak untuk cabang tahfizh 20 juz putra, Khairul Hasby untuk cabang tartil menengah putra. Kemudian, medali perunggu diraih Tuty Suryani untuk cabang tilawah tunanetra putri, Arif Rahmat Rizki untuk cabang tahfizh 5 juz non tilawah putra, Ari Saputra Ramadhan untuk cabang khat naskah putra dan Aisyah Kurnia Putri untuk cabang fahmil Qur'an.

Sementara, sebanyak 13 kafilah kabupaten Agam juga memperoleh terbaik harapan satu sampai tiga, ditambah pada tahun ini persaingan untuk perolehan juara sangat ketat, karena hampir semua peserta menampilkan hasil yang terbaik.

Koordinator Kafilah dan Official Kabupaten Agam, Khairul Koto menambahkan, untuk perolehan medali emas naik 1 digit lebih banyak dari MTQ ke-25 di Kabupaten Pasaman. Jika dibandingkan soal peringkat, MTQ ke-36 di Kota Sawahlunto ini, peringkat Kabupaten Agam untuk tingkat Sumatera Barat turun 1 digit, karena hanya memperoleh nilai 30 sehingga masuk enam besar.

Baca juga: 30 Personel Lantamal II Padang Goro Bersama Warga Nagari Panampuang Singkirkan Material Lahar Dingin

Selain itu, Kafilah kabupaten Agam juga memperoleh juara I terbaik untuk kegiatan pawai taaruf yang didukung dengan penampilkan tarian tambua tansa binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: