Pusat Tunjuk Riau jadi Tuan Rumah Halal Fair 2023, Gubernur Wacanakan Pusat Riset Halal

Senin, 03 April 2023, 14:10 WIB | News | Nasional
Pusat Tunjuk Riau jadi Tuan Rumah Halal Fair 2023, Gubernur Wacanakan Pusat Riset Halal
Gubernur Riau, Syamsuar berikan sambutan dihadapan jamaah Masjid Nurul Huda, Pekanbaru, pada agenda Safari Ramadhan, Ahad (2/4/2023) malam. (humas)

PEKANBARU (3/4/2023) - Provinsi Riau masuk dalam satu di antara dari 8 provinsi yang ditunjuk sebagai daerah menjalankan program nasional Halal Fair tahun 2023. Program Halal Fair 2023 merupakan wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Adapun 8 provinsi yang ditunjuk untuk menyukseskan program ini di antaranya, Provinsi DKI Jakarta, Riau, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Lampung dan Sumatra Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar kepada jamaah Masjid Nurul Huda, Pekanbaru, Riau, pada agenda Safari Ramadhan, Ahad (2/4/2023) malam.

Dia menyampaikan, Provinsi Riau merupakan salah satu daerah yang banyak umat muslimnya, sehingga perlu digerakkan gerakan ekonomi syariah, termasuk adanya program halal fair.

Baca juga: Safari Ramadhan ke Lamposi Tigo Nagari, Supardi: Masjid Tempat Terbaik Cetak Generasi Emas

"Berkaitan dengan syariah inikan ada kegiatan komite daerah ekonomi syariah, ini juga sebenarnya arahan dari komite nasional ekonomi dan keuangan syariah (KNKES)," ungkap Syamsuar.

"Riau, nanti di Masjid Raya Annur, satu lagi ada di Masjid Raya (Senapelan-red) dan ada beberapa Mall, termasuk fashion halal. Kegiatan ini, dalam rangka menggerakkan ekonomi syariah, dan ini kemajuan dari ekonomi syariah yang ada di Riau," kata dia.

Dijelaskan, dengan gerakan ekonomi syariah di Riau, masyarakat diminta untuk ikut mendukung kegiatan Halal Fair dan Riau sebagai tuan rumah dari 8 Provinsi.

Dia berharap, ada salah satu riset halal berdiri di Riau, sehingga umat muslim memastikan bahwa yang dimakan tersebut merupakan makanan yang betul-betul halal.

Baca juga: Politisi PKS DPRD Sumbar Gelar Safari Ramadhan di Kabupaten Solok, Ini yang Disampaikan

"Saya banyak menyampaikan pentingnya halal ini, bagaimanapun kita sebagai umat Islam berkewajiban mengembangkan syariah ini. Di mana makan yang kita makan ini betul-betul halal," ujar Syamsuar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: