Tahun 2023 ini, Pessel Fokus Hapus Kemiskinan Ekstrim

Selasa, 31 Januari 2023, 11:48 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Tahun 2023 ini, Pessel Fokus Hapus Kemiskinan Ekstrim
Kepala Bapeda Litbang Pessel, Hadi Susilo.

PESISIR SELATAN (31/1/2023) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, mengagendakan sejumlah program, upaya fokus dalam pengentasan kemiskinan.

"Tahun ini, kita (Pemkab) bakal fokus dalam pengentasan kemiskinan ekstrim. Sejumlah agenda/kegiatan pun sudah disiapkan," ucap Kepala Bapeda Litbang Pessel, Hadi Susilo, di Painan, Selasa.

Dia menerangkan, lahirnya Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2022, memberi isyarat bahwa target penghapusan kemiskinan ekstrim lebih dipercepat.

Melalui PP tersebut, pemerintah menargetkan kemiskinan ekstrim menjadi 0% pada tahun 2024, di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: BENCANA BANJIR DAN LONGSOR, Rusma Yul Anwar: Perbaikan Infrastruktur di Koto XI Tarusan Disegerakan

"Ini tentu akan menjadi fokus seluruh daerah dengan berbagai strategi dan kebijakan yang akan dilakukan," ucap Hadi Susilo.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita/perbulan di bawah garis kemiskinan.

Garis kemiskinan, merupakan representasi dari jumlah rupiah minimum, yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok minimum makanan, yang setara dengan 2100 kilokalori per kapita per hari dan kebutuhan pokok bukan makanan.

Garis kemiskinan di Pessel saat ini Rp.526.564,- (Susenas, 2022).

Baca juga: Bupati Pessel Ikut Simposium Nasional Apkasi dengan MenPAN-RB

"Ini tentu akan berbeda antar daerah, karena dipengaruhi oleh harga kebutuhan makanan dan non makanan di daerah tersebut," ujar Hadi Susilo.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: