Korban Gempa Lakukan Demo Terkait Realisasi Bantuan, Dapat Penjelasan BPBD, Pendemo Bubar

Senin, 09 Januari 2023, 21:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Korban Gempa Lakukan Demo Terkait Realisasi Bantuan, Dapat Penjelasan BPBD, Pendemo Bubar
Pendemo dari Nagari Kajai dan Pinaga membubarkan diri usai menerima penjelasan dari Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Pasaman Barat, Defi Irawan didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pasaman Barat, Zulkarnain terkait penyaluran ban

PASAMAN BARAT (9/1/2023) - Ratusan korban gempa yang berunjuk rasa ke Kantor Bupati Pasaman Barat, akhirnya meninggalkan lokasi aksi depan kantor bupati setelah mendapat jawaban dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Kesatuan Bangsa Politik terkait penanggulangan bencana gempa di Kecamatan Talamau.

"Awalnya kami hendak bertemu dengan bupati dan wakil bupati namun karena sedang dinas luar maka kami dapat penjelasan dari dinas terkait BPBD," ujar koordinator aksi unjuk rasa, Mashendy di Simpang Empat, Senin.

Menurutnya, beberapa poin yang dituntut warga Kajai dan Pinaga Kecamatan Talamau terkait realisasi pencairan dana gempa, akan segera dicairkan awal tahun 2023 ini.

Selain itu, juga meminta koordinasi dan komunikasi antara pihak terkait dengan masyarakat dapat ditingkatkan.

Baca juga: Pilkada Pasbar 2024, Petahana Hamsuardi Mendaftar ke PKB

"Bagi yang belum masuk data diharapkan dimasukkan karena rumah mereka memang terkena gempa dan rusak. Jika tidak terealisasi dalam waktu cepat maka kami akan kembali berunjuk rasa dengan jumlah yang lebih banyak," ujarnya.

Setelah mendengar jawaban pihak terkait, para pengunjuk rasa langsung membubarkan diri.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Pasaman Barat, Defi Irawan didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pasaman Barat, Zulkarnain mengatakan, telah diadakan pertemuan dengan perwakilan pengunjuk rasa dan telah diperoleh kesepakatan.

Menurutnya, setelah dijelaskan bahwa realisasi pencairan dana gempa baik rusak berat, sedang dan ringan akan dilakukan secepatnya.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

Selain itu, juga bagi warga yang belum masuk data juga telah didata ulang dan akan masuk dalam bantuan gempa yang terjadi pada 25 Februari 2022 itu.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: