Penghijauan Muara Ampiang Parak, Dandim: Masyarakat Harus Ikut Merawat

Kamis, 05 November 2015, 14:08 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Penghijauan Muara Ampiang Parak, Dandim: Masyarakat Harus Ikut Merawat
Dandim 0311/Painan, Letkol (Inf) Joko Maryanto, mengerahkan 100 anggotanya untuk ikut melakukan penanaman cemara laut dan mangrove di kawasan Muara dan Pantai Ampiang Parak, Pessel. (lelek/valoranews)

VALORAnews - Dandim 0311/Painan, mengapresiasi kepedulian generasi muda khususnya kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Laskar Pemuda Peduli Lingkungan, ikut menjaga vegetasi dan hewan di kawasan Pantai Pasar Amping Parak.

"Masyarakat memunyai peran besar untuk ikut menjaga tanaman vegetasi pantai dan hewan yang dilindungi dari aktifitas yang dapat merusak kelestarian," terang Dandim 0311/Painan, Letkol (Inf) Joko Maryanto, Kamis (5/11/2015) yang mengaku, sudah mengunjungi kawasan Muara dan Pantai Amping Parak.

TNI melalui Kodim 0311, terangnya, telah ikut aktif dalam upaya penghijauan Muara dan Pantai Amping Parak, dengan menanam cemara laut dan mangrove. "Semoga, tanaman dan hewan langka di sini, dapat terjaga kelestariannya" harap Letkol Joko Maryanto.

Sebelumnya, jajaran Kodim 0311 telah menerjunkan 100 personil, membantu Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak menanam 25.000 pohon mangrove di Kawasan Muara. "Saya berkeyakinan tanaman mangrove tersebut kelak akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang menggantungkan hidup dari menangkap ikan di muara," terangnya.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

"Karena kegiatan ini berkaitan dengan program ketahanan pangan, TNI mendukung penuh kegiatan penghijauan di kawasan pantai dan muara," tambahnya.

Sementara, Ketua Pokmaswas Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak, Haridman menyebutkan, penanaman cemara pada lahan 1,7 hektare itu sebanyak 2.500 batang. "Kami berharap seluruh warga, ikut menjaga tanaman ini. Banyak manfaat yang akan diperoleh, sekiranya tanaman ini tumbuh dan terpelihara. Misalnya, kawasan ini akan jadi indah dan juga jadi lokasi ikan berkembang biak," katanya.

Disebutkan, sebelumnya, Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Ampiang Parak juga telah melakukan penghijauan dan perawatan pantai dengan swadaya.

Pj Bupati Pessel, Alwis memberikan apresiasi pada Pokmaswas LPPL Amping Parak, yang telah berupaya membuat pantai jadi hijau. "Saat ini kesadaran menanam memang masih rendah, lalu dengan adanya gerakan pemuda seperti ini pemerintah sangat menghargai. Mudah-mudahan kegaiatan ini juga bisa tertular pada yang lain," harapnya. (lek)

Baca juga: Resah dengan Angka Kemiskinan Pessel, Angga Azkardha: Insya Allah Siap Ikut Kontestasi Pilkada 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: