Longsor Terjang Nagari Talu

Rabu, 04 November 2015, 20:27 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
Longsor Terjang Nagari Talu
Oprit jembatan yang menghubungkan Plasma V dengan Sidodadi, Kecamatan Pasaman, Pasaman Barat, telah rusak berat sejak satu tahun terakhir. Akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Luhak nan Duo menuju simpang Ampek itu, telah satu tahun terakhir dalam kon

VALORAnews - Longsor menerjang Kampung Rumbai, Jorong Tabek Sirah, Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (3/11/2015) malam. Hal ini disebabkan tingginya curah hujan sejak Selasa siang.

Informasi yang dihimpun, longsor terjadi di Bukit Tamirai, sekitar pukul 19.30 WIB. Akibatnya, material longsor menutupi sekitar dua hektare areal persawahan warga sekitar.

"Tidak ada korban jiwa dan rumah warga yang terkena longsor," ungkap Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Toto Fajar Prasetyo melalui Kepala Satuan (Kasat) Intelkam, AKP Muzhendra di Simpang Ampek, Selasa malam.

Menurutnya akibat longsor tersebut, sekitar 17 kepala keluarga (KK) yang berdomilisi di sekitar lokasi longsor, diungsikan sementara mengantisipasi kemungkinan terburuk. "Mereka diungsikan ke rumah warga yang tidak jauh dari daerah longsor dan di rumah sanak famili mereka lainnya," ujar AKP Muzhendra.

Baca juga: Walau Mobil Dinas Nyaris Terseret Longsor di Sitinjau Lauik, Mahyeldi Tetap Turuni Jurang Ikut Evakuasi Korban

Dia mengimbau warga sekitar lokasi longsor, tetap waspada karena bahaya longsor bisa mengancam kapanpun, karena curah hujan masih tinggi. Petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Talamau dan jajaran pihak nagari (desa) beserta unsur terkait, telah lokasi melihat lokasi longsor dan menenangkan warga.

Salah seorang warga Talu, Riki mengatakan, longsor datang secara tiba-tiba, sehingga membuat warga terkejut dan panik. "Warga yang bertempat tinggal disekitar lokasi, sudah mengungsi karena takut longsor susulan. Saat kejadian, listrik di lokasi longsor padam," sebutnya. (pl2)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: