Diangkat Anak oleh Wagub Sumbar: Bocah Usia 6 Tahun Asal Kota Padang Miliki Kemampuan Bicara Multi Bahasa

Jumat, 18 November 2022, 20:35 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Diangkat Anak oleh Wagub Sumbar: Bocah Usia 6 Tahun Asal Kota Padang Miliki Kemampuan...
Bocah usia 6 tahun, Kevin Ramadhan Malik putra pertama Roni Irawan dan Cristien Natalia Gunawan, ditemani guru, foto bersama dengan Wagub Sumbar, Audy Joinaldy di ruang kerja wagub, Jumat. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Sulit Dijumpai

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, anak yang memiliki kemampuan seperti Kevin ini sangat sulit dijumpai. Bahkan jumlahnya sangat sedikit dari jumlah anak seusianya.

"Saya jadikan Kevin sebagai anak angkat dan akan berikan beasiswa untuknya. Insya Allah, bakat besar yang dimiliki Kevin bisa kita jaga dan kembangkan," tegas Audy yang disambut syukur orangtua dan Guru TK Kevin yang hadir di Ruangan Kerja Wakil Gubernur Sumbar itu.

Audy Joinaldy tampak takjub dengan kemampuan yang dimiliki Kevin. Seperti orang yang sudah kenal lama, Kevin begitu akrab dan tak canggung berkomunikasi dengannya. Bahkan, diskusi di antara mereka menggunakan bahasa Inggris. Keduanya tampak begitu fasih berbicara dengan salah satu bahasa internasional itu.

Saking fasihnya berbahasa Inggris dan aksennya yang halus, Audy menyebut Kevin lahirnya di London Inggris, bukan di Indonesia. Lontaran spontan ini disambut tawa tamu yang hadir.

Apa Itu Gifted Child

Gifted child adalah seorang anak yang memiliki keunikan yang khusus dalam bidang intelektual (IQ di atas rata-rata), kreativitas dan komitmen yang tinggi sesuai dengan hasil tes. Istilah ini dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan anak berbakat, anak luar biasa, dan anak-anak genius.

Dilansir dari Raising Children, anak-anak berbakat dilahirkan dengan kemampuan alami jauh di atas rata-rata untuk anak seusia mereka. Jika menemukan anak berbakat seperti ini, mungkin diperlukan untuk memerhatikan kemampuan alami dalam cara anak belajar dan berkembang.

Mereka dapat berbakat dalam bidang kemampuan apa pun, dan bisa di lebih dari satu bidang.

Misalnya, anak mungkin berbakat secara kreatif dan intelektual. Atau memiliki koordinasi fisik dan memori di atas rata-rata atau lebih matang secara sosial dan emosional daripada anak-anak lain seusia mereka.

Anak juga dapat berbakat pada tingkat yang berbeda. Artinya, beberapa anak berbakat memiliki kemampuan yang lebih maju daripada yang lain, dan beberapa anak berbakat juga bisa memiliki disabilitas.

Misalnya, seorang anak yang berbakat secara intelektual, mungkin juga memiliki autisme atau gangguan pendengaran. (rls/kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: