Jala Apung Potensi Punahkan Populasi Ikan Bilih, Ini Arahan Gubernur Sumbar

Selasa, 15 November 2022, 21:13 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok
Jala Apung Potensi Punahkan Populasi Ikan Bilih, Ini Arahan Gubernur Sumbar
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat memberikan arahan pada rapat koordinasi operasional pengawasan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan di Danau Singkarak 2022, yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di aula D

Oleh sebab itu, dia juga minta agar dilakukan identifikasi pemilik bagan yang 50 orang tersebut. Apakah warga lokal atau investor yang dikelola warga lokal.

"Prinsipnya jelas, Perpres dan Pergub. Kuncinya pada identifikasi. Dan, siapkan program lain sebagai solusi. Karena itu data penting. Matangkan datanya."

"Siapa pemilik atau siapa saja penerima manfaatnya. Sehingga langkah aksi kedepan sudah bisa diperhitungkan dan betul-betul maksimal hasilnya," ujar Mahyeldi.

Baca juga: Ribuan Peserta Ikuti Minangkabau Basepeda, Mahyeldi: Kesan Positif Mesti Dijaga

Mahyeldi juga meminta agar Wali Nagari Salingka Danau Singkarak, juga menyiapkan aturan nagari seperti yang dimiliki oleh Nagari Sumpu, yang melarang keramba jaring apung dan bagan.

"Pengalaman di Nagari Sumpu perlu jadi pelajaran bagi nagari lain. Ada perwali pelarangan bagan, sehingga bisa menjaga kelestarikan populasi ikan endemik," kata Mahyeldi.

Selain penertiban, Mahyeldi juga menyebut komitmen masyarakat juga penting, guna kelancaran alternatif solusi yang nantinya diberikan kepada para nelayan. Oleh sebab itu, dia berharap, dukungan dari semua pihak terkait.

Lebih lanjut, Mahyeldi juga berharap, agar sedimen danau yang semakin tinggi juga menjadi perhatian bersama. Karena itu, dia meminta, agar dilakukan upaya serius untuk meminimalisir pembuangan sampah ke Batang lembang yang bermuara ke Danau Singkarak.

Hadir dalam rapat koordinasi operasional pengawasan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan di Danau Singkarak, itu di antaranya Forkopimda Provinsi Sumbar, Forkopimda Kabupaten Solok dan Tanah Datar, pengawas Dinas Kelautan serta penggiat lingkungan. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: