Abrasi Pantai, BPBD: Terjadi pada Lima Kawasan di Pessel

Minggu, 01 November 2015, 13:44 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Abrasi Pantai, BPBD: Terjadi pada Lima Kawasan di Pessel
Anggota Kelompok Siaga Bencana (KSB) Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, diterjunkan membuat pengaman sementara di belakang rumah Marsijon, Minggu (1/11/2015). Sebanyak 50 unit rumah terancam abrasi di kawasan ini. (lelek/valoranes)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala BPBD Pessel, Prinurdin menyebutkan, selain abrasi di Kampung Ujung Air Nagari Ampiang Parak, hal serupa juga terjadi di Sumedang, Muaro Jambu, Pantai Selayang Pandang Bayang dan Pantai Api-api.

"Semuanya memang perlu pengamanan, karena daerah kita mayoritas berada di pesisir pantai. Namun akibat keterbatasan anggaran, pemerintah belumlah semuanya bisa teratasi dengan baik," ungkap Prinurdin, Minggu (1/11/2015) terkait abrasi pantai di Nagari Ampiang Parak.

Khusus di Kampung Ujung Air, terangnya, abrasi memang terjadi hampir setiap tahun. Untuk kejadian kali ini, abrasi memang telah menunjukkan dampak besar. (Baca: Atasi Abrasi di Ampiang Parak, KSB: Kami Butuh 50.000 Lembar Karung)

"Dari sisi keamanan, warga yang tinggal disana masih terbilang lebih beruntung dibanding sejumlah tempat langganan abrasi lainnya di Pessel," kata Prinurdin.

Baca juga: PILKADA 2024, BAWASLU: Masyarakat jangan Takut Melaporkan Kecurangan

Dia mengimbau, warga perlu terus meningkatkan kewaspadaan. Artinya, ketika gelombang pasang tinggi dan menimbulkan abrasi, warga mesti cepat keluar rumah. (Baca: 50 Rumah di Nagari Ampiang Parak Nyaris Ambruk Dihantam Abrasi)

"Jangan dipaksakan terus di dalam rumah. Sebab, tidak pula bisa diperkirakan, apakah rumah bisa bertahan dihantam ombak atau tidak," katanya.

Dikatakan, hingga kini dirinya belum mendapat laporan tentang berapa jumlah kerugian di nagari Ampiang Parak maupun daerah lainnya. "Tentu nanti ada laporan dari walinagari setempat," tutupnya. (lek)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: