Tanam Mangrove di Ampiang Parak, Dandim: Ayo Jaga Ekosistem Laut

Jumat, 30 Oktober 2015, 18:37 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Tanam Mangrove di Ampiang Parak, Dandim: Ayo Jaga Ekosistem Laut
Dandim 0311/Painan, Letkol Joko Maryanto menanam mangrove di Kawasan Muara Amping Parak, beberapa hari lalu. Sebanyak 100 personil dikerahkan untuk membantu Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak, untuk penanaman 25.000 pohon mangrove itu. (lelek/va

VALORAnews - Dandim 0311/Painan, Letkol (Inf) Joko Maryanto, menerjunkan 100 personil untuk membantu Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak, untuk penanaman 25.000 pohon mangrove di Kawasan Muara Amping Parak, beberapa hari lalu.

"TNI mendukung penuh kegiatan penghijauan di kawasan pantai dan muara ini. Karena, penanaman pohon mangrove ini nantinya akan berdampak langsung ke ekosistem muara dan pantai. Selain untuk menahan abrasi. Juga membuat berbagai jenis ikan akan berkembang dan tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutaman nelayan," terang Letkol Joko Maryanto.

Koordinator Lapangan Aksi Penanaman, Kapten Amat Sapri menyebutkan, selain anggota TNI, kegiatan ini juga melibatkan Persit Kartika Kodim 0311, Dinas Kelautan dan Perikanan Pessel serta pemerintah nagari juga masyarakat setempat.

"Secara khusus, kegiatan ini melibatkan Kelompok Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak," terangnya.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

Sebelumnya, ungkap Kapten Amat Sapri, juga telah dimulai penanaman cemara laut di lahan seluas 1,7 hektare sebanyak 2.500 batang. Program penghijauan pantai tersebut, bersumber dari APBN 2015. Untuk Amping Parak dapat 27.500 bibit vegetasi pantai yang terdiri dari cemara laut dan mangrove.

"Kami meminta seluruh warga ikut menjaga tanaman ini. Banyak manfaat yang akan diperoleh oleh masyarakat di sini sekiranya tanaman ini tumbuh dan terpelihara. Misalnya kawasan ini akan jadi indah dan juga akan membuat ikan senang berkembang biak," katanya.

Walinagari Amping Parak, Bustami menyebutkan, sebelum kegiatan ini, Pemuda Ampiang Parak, telah melakukan penghijauan dan perawatan pantai dengan swadaya. "Pantai sepanjang 1,7 kilometer yang berada di kawasan Pasar Amping Parak, selain sudah mulai menghijau, rencananya juga dipersiapkan sebagai lokasi konservasi penyu," tutupnya. (lek)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: