Dana Bantuan Gempa Pasbar Cair, Kategori Rusak Berat Dibantu Rp50 Juta

Senin, 17 Oktober 2022, 11:01 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Dana Bantuan Gempa Pasbar Cair, Kategori Rusak Berat Dibantu Rp50 Juta
Kepala BNPB, Suharyanto bersama Mahyeldi (gubernur Sumbar), Hamsuardi (bupati Pasbar) dan jajaran lainnya, meninjau lokasi gempa yang akan dibantu pemerintah pusat, Ahad. (robi irwan)

"Namun, kita tidak mengharapkan hal itu. Semoga bencana gempa tidak lagi terjadi di Kabupaten Pasaman Barat," tambah dia.

Ia menyebutkan, pihaknya telah menerima data rumah rusak berat dari Pemda Pasbar sebanyak 1.111 unit dengan total bantuan satu unit senilai Rp50 juta.
Pelaksanaan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB berupa bantuan dana stimulan perbaikan rumah rusak berat, juga telah ditransfer ke rekening virtual account yang telah dibuat pada BRI Cabang Simpang Empat dan telah diterima transfer dana DSP dari BNPB sejumlah Rp27,775 miliar pada tanggal 29 September 2022.

"Sejumlah dana itu, untuk pembangunan rumah rusak berat sekitar 50 persen. Saat ini sedang dibangun sebanyak 30 unit untuk kunjungan presiden dengan sistem Reimburse yang dibantu oleh aplikator. Tentunya rumah ramah gempa," katanya.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, bahwa pemerintah daerah diminta untuk berkoordinasi dengan BNPB dan BPKP, sehingga masyarakat tidak lama menunggu.

"Pemerintah Daerah juga kita harapkan untuk membuat Perda tentang bencana terutama untuk daerah rawan gempa."

"Daerah juga harus tanggap dalam menyikapi dan menyelesaikan bencana alam yang terjadi," katanya.

Bupati Pasbar, Hamsuardi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan dari pemerintah pusat terutama untuk 1.111 unit rumah rusak berat dengan bantuan satu unit Rp50 juta, rusak sedang Rp20 juta dan rusak ringan berkisar Rp3 hingga Rp5 juta.

"Kemudian untuk rumah rusak sedang sebanyak 1.171 unit, akan dibantu oleh pemerintah Provinsi Sumbar. Untuk kategori rusak ringan akan dibantu oleh pemerintah daerah dengan data sementara sebanyak 2.172 unit," katanya. (pl1)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: