PPS Surau Gadang Seleksi Ratusan Calon KPPS

Kamis, 29 Oktober 2015, 21:54 WIB | News | Kota Padang
PPS Surau Gadang Seleksi Ratusan Calon KPPS
Calon KPPS se-Kelurahan Surau Gadang, mengikuti tahapan wawancara yang digelar PPS Surau Gadang, Kamis (29/10/2015) di SDN 08 Padang.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Panitia Pemungutan Suara (PPS) Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, melakukan tahapan wawancara calon Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada pemilihan serentak 2015, Kamis (29/10/2015). Proses seleksi dilakukan selama dua hari yaitu pada Kamis dan Sabtu (31/10/2015) lusa.

Ketua PPS Surau Gadang, H Zainuddin mengatakan, calon KPPS yang akan direkrut itu, sebelumnya telah melalui proses pengumuman, seleksi administrasi hingga masa tanggapan masyarakat. Proses rekruitmen ini juga melibatkan pengurus Rukun Warga (RW) dan tokoh masyarakat se-kelurahan Surau Gadang.

"Karena setiap TPS itu nantinya akan beranggotakan tujuh orang, makanya kita membutuhkan waktu selama dua hari untuk proses wawancara yang merupakan tahapan seleksi terakhir sebelum ditetapkan sebagai KPPS," ungkap H Zainuddin didampingi anggota, Voni dan Syaiful, tadi siang.

Bahan seleksi wawancara, terang Zainuddin, berasal dari KPU Padang berupa pertanyaan yang sifatnya menggali sikap independensi calon KPPS. Seleksi dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan baru berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Sering Muncul! Pertanyaan Tes Wawancara CPNS 'Kenapa Anda Mendaftar PNS?', Begini Cara Menjawabnya

"Kita membagi jadwal wawancara calon KPPS ini, seefesien mungkin. Kita tak ingin warga menunggu terlalu lama untuk mengikuti wawancara. Makanya, dalam undangan untuk wawancara itu, kita menyertakan waktu tes wawancara," terang Zainuddin.

Pantauan, calon KPPS tampak datang seperti air mengalir ke SDN 08 Padang untuk mengikuti test wawancara. Begitu satu grup calon KPPS selesai diwawancarai, langsung masuk kelompok selanjutnya. Sehingganya, warga tampak tak menumpuk memadati halaman sekolah yang cukup asri itu.

Terpisah, Ketua PPK Nanggalo, Ilfariadi mengatakan, proses seleksi KPPS pada enam kelurahan yang ada di kecamatan Nanggalo, ditargetkan harus selesai sebelum berakhirnya masa rekruitmen yaitu pada 31 Oktober 2015 ini.

"Sebagian PPS, sudah ada yang menyelesaikan proses rekruitmennya. Kita berharap, semua sesuai jadwal yang telah direncanakan," terangnya.

Baca juga: Bupati Agam Gali Pemahaman Calon Kepala Sekolah tentang Memajukan SDM melalui Pendidikan

Dikatakan Ilfariadi, kelurahan Olo dan Tabing Banda Gadang, telah menyelesaikan proses seleksi calon KPPS-nya pada 25 Oktober 2015 lalu. Begitu juga halnya dengan kelurahan Kurao, yang proses seleksi KPPS-nya dilaksanakan pada 27 dan 28 Oktober.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: