Nagari Bayua Juara I Lomba Desa Aman Pangan Tingkat Nasional 2021

Kamis, 08 September 2022, 15:33 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Nagari Bayua Juara I Lomba Desa Aman Pangan Tingkat Nasional 2021
Kantor wali nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Agam. (humas)

AGAM (8/9/2022) - Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya dinobatkan sebagai terbaik pertama pada lomba Desa Pangan Aman yang diselenggarakan BPOM RI.

"Berdasarkan keputusan BPOM RI 5 Agustus 2022, Nagari Bayua dinobatkan jadi yang terbaik pada lomba Desa Aman Pangan tingkat nasional tahun 2021. Dijadwalkan, 15 September 2022, Pemerintah Kabupaten Agam melalui Pemerintahan Nagari Bayua, akan menerima apresiasi ini di Bali," ungkap Sekdda Agam, Edi Busti, di Lubuk Basung, Kamis.

Dijelaskan, Program Desa Pangan Aman merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung pangan yang aman dan bermutu serta untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjamin keamanan dan mutu pangan.

"Program BPOM yang melibatkan desa atau nagari ini secara substansi bertujuan agar terciptanya kemandirian dalam menyiapkan sumber daya dalam mewujudkan keamanan pangan yang meliputi produksi, peredaran, serta konsumsi pangan aman di wilayahnya secara berkelanjutan," terang dia.

Baca juga: Nagari Bayua Bersiap Menuju Desa Digital Bersama Tim PNP

Atas prestasi yang diraih, Edi Busti memberikan apresiasi yang tinggi kepada stakeholder yang terlibat dalam menyokong Nagari Bayua hingga menjadi terbaik pertama tingkat nasional.

"Kita tentu berharap apresiasi ini menjadi pelecut untuk menjaga masyarakat dari mengonsumsi makanan yang tidak aman. Semoga prestasi serupa juga dapat ditorehkan nagari-nagari lain," ucapnya.

Diketahui, Lomba Desa Pangan Aman Tahun 2021 diikuti oleh 33 desa atau kelurahan dari 33 Provinsi yang ada di Indonesia.

Sebelumnya telah ditetapkan 10 besar Nominator Lomba Desa Pangan Aman Tahun 2021 yang harus mengikuti tahapan seleksi wawancara dari 7 kementerian atau lembaga di Indonesia. (kyo)

Baca juga: Nagari Bayur Teken Nota Kesepakatan dengan PNP, Ini Target yang Dicapai

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: