PKD Ansor Pasbar, Khairul: Kita Konsisten Jaga NKRI

Minggu, 25 Oktober 2015, 20:23 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
PKD Ansor Pasbar, Khairul: Kita Konsisten Jaga NKRI
Peserta PKD Pasbar, foto bersama dengan instruktur PP Gerakan Pemuda Ansor Khoirul Anwar, Minggu (25/10/2015). (istimewa)

VALORAnews - Gerakan Pemuda Ansor terus berkomitmen dan konsisten menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini sesuai dengan komitmen kebangsaan Ansor yang dibangun sejak kelahirannya.

Demikian diungkapkan instruktur Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Khairul Anwar, Minggu (25/10/2015) dinihari pada Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang diselenggarakan PC GP Ansor Kabupaten Pasaman Barat.

PKD ini diikuti 40 peserta bertempat di Wonosari, Jorong Bancah Kariang, Nagari Kinali, Kabupaten Pasaman Barat.

Menurut Khairul Anwar, selain Ansor memiliki komitmen yang jelas dan tegas terhadap kebangsaan Indonesia, juga memiliki komitmen terhadap Islam Ahlussunnah Waljamaah. Ansor, terangnya, selalu menjaga Islam Ahlussunnah Waljamaah dengan tradisinya yang sudah ada di tengah masyarakat.

Baca juga: Kepersertaan Aktif JKN di Pasbar Capai 97,24 Persen

"Bukan Islam yang dengan gampang sesat menyesatkan kelompok yang tidak sepaham. Ansor mensyiarkan Islam yang mementingkan dialog, bukan Islam yang diwarnai dengan kekerasan," tegas Khairul.

Dikatakan Khairul, di tengah derasnya serbuan budaya, pemikiran dan paham yang ditayangkan televisi, harus ada gerakan untuk menjaga nilai-nilai kebangsaan. "Mereka yang aktif dan menjadi kader Ansor, adalah mereka yang memiliki komitmen untuk menjaga nilai-nilai kebangsaan tersebut," kata Khairul.

Menurut Khairul, dari semangat peserta PKD di Kabupaten Pasaman Barat, diyakini mampu untuk turut serta menjaga keutuhan NKRI dan Islam Ahlussunnah Waljamaah. "Kami Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor yang berada di Jakarta saja, tidak mampu sendirian menjaga keutuhan NKRI dan Islam Aswaja ala NU tersebut," terangnya.

"Sehingga perlu keterlibatan sahabat-sahabat di daerah-daerah untuk bergandengan tangan. Menjadi kader dan pengurus Ansor harus menjadi perjuangan dan panggilan jiwa. Karena jadi kader Ansor bukan untuk gagah-gagahan," tambah Khairul. (kyo)

Baca juga: Hamsuardi Antarkan Langsung Bantuan untuk Korban Banjir Agam, Tanah Datar dan Padang Panjang

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: