Yuk Kenali OCD, Pemicu, Tanda-tanda dan Cara Pengobatannya

Senin, 29 Agustus 2022, 15:24 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Yuk Kenali OCD, Pemicu, Tanda-tanda dan Cara Pengobatannya
Ilustrasi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

7. Takut terhadap kotoran

Seperti takut memegang gagang pintu, berjabat tangan, menggunakan prasarana umum.

8. Takut pemikiran jahat atau negatif

Seorang dengan OCD takut akan pemikiran jahat atau negatif, pemikiran yang berlawanan (hostile), sehingga muncul pemikiran tidak masuk akal. Dia takut dianggap orang jahat sehingga berusaha keras menghapus pikiran-pikiran jahat.

9. Sulit menerima hal-hal tidak pasti

Dalam hubungan asmara, sulit menerima hal-hal tidak pasti sehingga kerap memikirkan kesalahpahaman kecil yang dapat merusak hubungan.

10. Membeli barang tanpa henti

Atau berkeinginan mengumpulkan barang bekas yang ditemukan. Merasa barang tersebut akan berguna di masa depan, walau banyak barang yang sudah tidak digunakan di rumah.

11. Mengulang kata, angka, aktivitas atau frasa dalam pola tertentu

Seorang dengan OCD akan mengulang kata, angka, aktivitas atau frasa dalam pola tertentu, baik secara lantang maupun untuk diri sendiri, terkadang didorong oleh suatu kepercayaan.

Misalnya, hitung jumlah anak tangga sampai 7, maka akan diberi keberuntungan.

Pengobatan OCD

Sayangnya, OCD jadi masalah kesehatan psikologis yang tidak bisa dipulihkan. Walaupun begitu, penderita dapat kurangi gejala yang bisa mengganggu aktivitas dengan menempuh beberapa perawatan.

Penyembuhan OCD terdiri dari konsumsi obat-obatan, menjalani psikoterapi ataupun campuran antara keduanya. Walaupun sebagian besar penderita OCD pulih sehabis memperoleh penanganan, sebagian yang lain terus mengalami gejala.

Seringkali, orang dengan OCD juga mempunyai permasalahan kesehatan psikologis yang lain, semacam kendala keresahan, tekanan mental serta gangguan dismorfik tubuh (gangguan ketika seorang mempunyai asumsi yang keliru bahwa ada bagian tubuh mereka yang tidak wajar).

Jadi, amat penting untuk melihat kemampuan adanya gangguan lain itu ketika menentukan opsi perawatan.

SRI serta SSRIs ialah dua tipe obat yang banyak digunakan buat menolong mengurangi gejala OCD. Tidak hanya itu, obat lain yang terbukti efektif mengatasi OCD pada orang berusia serta kanak-kanak adalah antidepresan trisiklik.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: