Yuk Kenali OCD, Pemicu, Tanda-tanda dan Cara Pengobatannya

Senin, 29 Agustus 2022, 15:24 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Yuk Kenali OCD, Pemicu, Tanda-tanda dan Cara Pengobatannya
Ilustrasi.
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

OBSESSIVE Compulsive Disorder atau disingkat OCD merupakan bentuk masalah kesehatan psikologis yang membuat penderitanya memiliki pandangan serta desakan yang tidak dapat dikontrol, yang karakternya berulang (antusiasme) dan timbulnya sikap (desakan) kompulsif.

OCD merupakan permasalahan kesehatan psikologis yang biasa terjadi pada kanak-kanak, anak muda, serta orang dewasa di seluruh dunia.

Sebagian besar, diagnosis OCD terjadi pada umur 19 tahun serta lebih rentan melanda anak pria dibanding dengan anak wanita.

Sayangnya, apa yang jadi pemicu OCD masih belum diketahui pasti sampai saat ini. Walaupun begitu, terdapat sebagian aspek yang meningkatkan risiko timbulnya kendala psikologis ini pada seseorang, yaitu:

Baca juga: CATAT! Ciri-ciri Lowongan Kerja Freelance Bodong, Pekerjaan Tak Didapat Tabungan pun Kandas

  • Struktur otak serta fungsinya. Tetapi, aspek ini masih belum tentu mempengaruhi secara signifikan ataupun tidak.
  • Keturunan alias genetik.
  • Lingkungan tempat bermukim.

Dari ketiganya, lingkungan tempat bermukim jadi aspek resiko yang sangat mempengaruhi. OCD akan lebih rentan terjadi pada banyak orang yang bermukim di lingkungan yang tidak mendukung kemajuan kejiwaan ketika kecil.

Misalnya, anak kerap diejek ataupun dikecilkan sebab kekurangan yang dipunyanya. Situasi ini dapat memicu munculnya perasaan timbal baik untuk senantiasa melaksanakan perihal yang sempurna.

Selain itu, OCD juga sering disalah artikan sebagai orang yang sangat menyukai keteraturan atau sangat menyukai kebersihan. Namun kenyataannya, tidak hanya sekadar itu.

OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran obsesif, perilaku kompulsif (paksaan) atau keduanya.

Baca juga: Jangan Berharap Usahamu bisa Sukses, Kalau Belum Memiliki 9 Ciri-ciri Ini

Obsesi merupakan pikiran atau rasa takut yang susah dikendalikan dan menimbulkan stres.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: