SMAN 2 Bukittinggi Ditetapkan jadi Cagar Budaya Nasional, Ini Harapan Gubernur

Sabtu, 20 Agustus 2022, 06:31 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
SMAN 2 Bukittinggi Ditetapkan jadi Cagar Budaya Nasional, Ini Harapan Gubernur
Gubernur Sumbar, Mahyeldi membubuhkan paraf pada prasasti peresmian gedung SMAN 2 Bukittinggi jadi gedung cagar budaya, Jumat. (humas)

BUKITTINGGI (19/8/2022) - Gedung SMAN 2 Bukittinggi ditetapkan jadi Heritage School atau Cagar Budaya Nasional.

"SMAN 2 Bukittinggi, adalah rahim yang darinya lahir orang-orang besar, yang peran dan pikirannya sangat bermanfaat bagi kemajuan bangsa pada zamannya," ujar Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat peresmian, Jumat.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti yang rencananya akan ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Nadiem Makarim, yang pada peresmian itu diberi paraf oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi.

Selain itu, penandatanganprasasti sekolah piloting kewirausahaan oleh menteri Pariwisata dan Ekonomi dan Kreatif, Sandiaga Uno, yang pada kesempatan tersebut diparaf oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius.

Baca juga: Gubernur Sumbar Klaim Target Cetak 100 Ribu Wirausahawan Telah Terlampui

SMAN 2 Bukittinggi yang dahulunya bernama Kweek School atau sekolah raja, didirikan kolonial Belanda pada 1873.

Diketahui, banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional seperti Tan Malaka, AH Nasution, Sutan Syahrir, Dahlan Abdullah serta para pejabat tinggi lainnya.

Membuka acara tersebut, Mahyeldi menyebut, selain banyak tokoh pahlawan nasional, para murid SMAN 2 Bukittinggi juga banyak yang berprestasi.

Salah satunya, yang terbaru adalah komandan upacara HUT RI ke-77 di istana merdeka, Kolonel Andike Sri Mutia. Dia merupakan alumni SMAN 2 Bukittinggi angkatan 1995.

Baca juga: Sumbar Gagas Gerakan Tabungan Pajak, Ini Tujuannya

Mahyeldi berharap, SMAN 2 Bukittinggi menjadi sekolah unggulan karena banyak orang-orang hebat merupakan alumni dari SMA tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: