HMI Pasbar Tegaskan Netral di Pilkada

Rabu, 21 Oktober 2015, 22:27 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
HMI Pasbar Tegaskan Netral di Pilkada
Logo HMI.

VALORAnews - Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pasaman Barat, Ahmad Ikbal Tanjung menyatakan, organisasi kemahasiswa yang dia pimpin, tak memihak maupun mendukung salah satu pasangan calon bupati Pasaman Barat dalam pemilihan serentak 2015.

"HMI salah satu organisasi mahasiswa yang berfungsi sebagai organisasi kader dan selalu menjaga idealisme. Maka kami tegaskan, HMI bersikap netral dan tidak memberikan dukungan secara politik praktis ke salah satu paslon," ungkap Ikbal didampingi Faisal (Sekretaris Umum), Rabu (21/10/2015) di Simpang Ampek.

Dikatakan, klaim dukungan dari HMI selalu muncul dalam momentum politik. Namun bila klaim tersebut mengatas namakan HMI secara konstitusi sangat disayangkan, karena bukan ranahnya HMI terlibat secara praktis.

"Tidak dipungkiri, beberapa alumni HMI hari ini sudah ada yang menjadi pendukung salah satu paslon, bahkan mungkin jadi tim sukses. Namun, itu hak berpolitik secara individu, bukan secara konstitusi," kata Ikbal.

Baca juga: Kepersertaan Aktif JKN di Pasbar Capai 97,24 Persen

Perlu digarisbawahi, terangnya, HMI tidak pernah mengajarkan berpolitik kepada kadernya. Karena, tanpa harus terlibat politik praktispun, HMI tetap akan memiliki kekuatan politik melalui independensinya.

"Kekuatan politik yang dimiliki HMI, bukanlah pada proses dukung mendukung atau tolak menolak kandidat yang orientasinya mengarah kepada politik kekuasaan. Tetapi, kekuatan politik yang dimiliki HMI adalah nilai-nilai independensi, ideologi dan idealisme perjuangan mencetak kader," pungkasnya. (pl2)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: